/
Taman

Bertanam di Lahan Sempit

Reporter: tabloidnova.com / www.tabloidnova.com
Selasa, 31 Maret 2009
Foto :

Tak perlu ragu, halaman rumah yang sempit tetap dapat menjadi hunian kita cantik dan asri. Caranya? Manfaatkan pot gantung atau rak tanaman.

Jika biasanya hanya Lily Paris atau sirih-sirihan saja yang ditanam di pot gantung, coba tanaman lain. Seperti, sirih gading, lipstick, begonia, dan keladi.

"Ada dua jenis tanaman gantung, yaitu yang suka matahari dan tidak suka matahari. Biasanya yang tak suka matahari disimpan di teras, karena kalau kena panas banyak yang meranggas," saran Linda, pemilik Adelia Garden Center.

Umumnya, keindahan tanaman gantung terlihat ketika tanaman sudah menjuntai ke bawah. "Rata-rata, sih, tanaman yang cocok digantung memang jenis yang menjuntai atau merambat. Akarnya ada di ujung-ujung batang sehingga dia bisa tumbuh ke mana-mana," jelas Linda yang saat ini sedang mencoba mengembangkan tanaman gantung yang tidak menjuntai, yaitu keladi.

POT KHUSUS
Untuk pot gantung, kita memiliki banyak pilihan. Dari yang terbuat dari tanah liat, plastik, maupun alumunium yang lebih kuat dan anti pecah.

Pot gantung biasanya dijual lengkap dengan tali penggantungnya. Anda dapat menggantungnya di tiang pergola atau pagar rumah. Sebagai pelengkap, bisa juga mencoba memakai pot tempel yang dipasang di dinding-dinding teras rumah.

Tanaman-tanaman gantung ini juga perlu perawatan. Misalnya, disiram dua kali sehari dan diberi pupuk NPK dengan komposisi yang disesuaikan dengan tanah atau jenis tanaman.

Jika tak ingin memasang pot gantung, tanaman-tanaman menjuntai dan merambat ini bisa ditanam di pot yang kemudian disusun di rak plastik, kayu, atau besi tempa. Hanya saja rak-rak ini memang memerlukan tempat yang lebih luas dibandingkan jika digantung. Untuk menyiasatinya, pilih rak yang tak terlalu besar. Alhasil, halaman mungil Anda bisa terlihat hijau dan asri.

TAK ADA POT, EMPER PUN JADI
1. Untuk tanaman gantung sirih-sirihan yang sudah rimbun, potong beberapa tangkainya, lalu tancapkan kembali ke pot lain. Dijamin, tak lama kemudian batang tersebut akan tumbuh.
2. Perawatan pot gantung cukup dibersihkan dengan kain lap yang sudah dibasahi. Lap ke permukaan pot yang biasanya muncul noda-noda putih akibat kebanyakan terkena air.
3. Tak ada pot? Ember bekas pun bisa dimanfaatkan sebagai pot gantung. Jangan lupa memberi lubang di bagian bawah, agar air yang masuk bisa keluar dan tidak mematikan tanaman.

Noverita K. Waldan

Koleksi: Adelia Garden Center, Flora Alam Sutera, Serpong, Tangerang (021 700700 67), Oasis Sentul Nursery, Jln. Raya Kandang Roda Kompleks SPBU 34-16707 Sentul, Bogor (87950434).
Foto-foto: Daniel Supriyono/NOVA, Ahmad Fadillah/NOVA.

Editor : tabloidnova.com / www.tabloidnova.com