13 Kiat Berhemat

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Senin, 18 Februari 2013
Foto :

anda dan pasangan-AGUS (15)_resize

"Ilustrasi. Foto: Agus Dwianto/NOVA "

1. Memasak lebih sering.  Jangan kira memasak hanya membuat pemborosan. Jika Anda mengkalkulasikan dengan benar, membawa bekal makan siang masakan sendiri sebenarnya lebih menghemat pengeluaran. Apalagi jika Anda membawakan bekal makan siang suami dan anak-anak pula.

2. Beli teko pembuat kopi tipe French Press . Jika Anda dan pasangan adalah penikmat kopi, akan lebih baik memiliki French Press (semacam teko tinggi yang bisa menyaring kopi) yang memungkinkan membuat kopi dengan bahan yang  lebih  setiap hari.

3. Pilih satu jenis olah raga dan lakukan dengan serius. Tak perlu  memiliki keanggotaan gym juga keanggotaan  di tempat yoga. Sebaiknya pilih salah satunya saja. 

4.Lebih banyak berjalan. Jika Anda benar-benar ingin menghemat uang, berjalan dapat membantu  kebugaran sekaligus menghemat uang bensin dan uang parkir.

5. Pangkas satu biaya bulanan. Potong (setidaknya) salah satu biaya bulanan misalnya, iuran televisi kabel,  keanggotaan butik atau tempat belanja, atau biaya-biaya tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan. Siapa tahu, ini mungkin akan menjadi hal terbaik yang pernah Anda lakukan.

6. Singkirkan rak penyimpanan. Unit penyimpanan terkadang digunakan untuk hal yang kurang layak. Bahkan membuat Anda boros menyimpan hal-hal dalam jumlah berlebih. Jika memang tak diperlukan, singkirkan saja.

7. Meminjam daripada membeli. Jika ada barang yang  hanya sesekali setahun digunakan, seperti tangga lipat, tenda berkemah, pembakar barbeque dan seterusnya, pertimbangkan untuk meminjam saja.

8. Membeli di toko murah. Jika Anda menemukan toko serba lima ribu atau toko barang-barang murah, prioritaskan untuk membeli dari toko tersebut.

9. Pasang  termostat terprogram. Jika Anda pengguna air conditioner setiap hari, cobalah pasangan  termostat  terprogram seperti buatan Nest yang dapat dikontrol dengan wi-fi, I-phone, Mac, maupun mengenali kebiasaan Anda. 

10. Rencanakan makan sup setiap minggu. Menjadwalkan makan sup adalah ide yang sangat cerdas. Sup bisa digunakan untuk memasak kembali sisa makanan sehingga cukup menghemat.

11.Gunakan kain serbet.  Akan lebih boros ketika Anda lebih banyak mengandalkan kertas tisu dalam tugas dapur. Namun kain serbet adalah penghematan karena Anda hanya butuh mencucinya setiap beberapa minggu. 

12. Berbelanja di toko barang bekas. Berbelanja di toko barang bekas maupun garage sale kini sudah menjadi gaya hidup yang lebih bergengsi.Tak ada salahnya memburu toko barang bekas mulai saat ini, ketika membutuhkan sesuatu.

13. Kurangi pengeluaran. Ini adalah hal yang paling pokok ditanamkan dalam benak. Seharusnya ini tidak sulit mengingat kita telah memiliki terlalu banyak barang.

Laili/ dari berbagai sumber

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.