10 Cara Memangkas Pengeluaran Rumah Tangga Anda

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Rabu, 23 Maret 2016
Foto :
10 Cara Memangkas Pengeluaran Rumah Tangga

Menjaga agar keuangan rumah tangga selalu berada di batas yang seharusnya memang gampang-gampang susah. Apalagi, seiring harga kebutuhan yang terus meningkat, Anda dituntut untuk lebih pandai mengatur keuangan.

Padahal, kini godaan belanja sangat bertebaran di setiap media sosial. Tapi sebenarnya, memangkas hal-hal kecil kalau dilakukan secara rutin bisa berdampak besar, lo, pada keuangan rumah tangga.

Disarikan dari The Sun, berikut adalah 10 cara mudah memangkas pengeluaran rumah tangga tanpa harus berkorban terlalu banyak.

1. Makanan

Rencanakan menu makanan di muka dan buat daftar belanjaannya. Pastikan apa yang Anda beli bisa digunakan untuk menu dalam seminggu agar tak ada limbah dan tak ada godaan membeli atau memesan makanan jadi.

Belanja setiap minggu dan buat menu yang membuat Anda memakai semua bahan-bahan tersebut. Jika Anda memiliki makanan sisa, pastikan untuk disimpan dengan baik agar bisa kembali diolah. Atau, bisa juga dibekal untuk makan siang di kantor.

2. Hemat Bensin

Biaya transportasi ini, meski kecil, tapi bila digabung dalam sebulan ternyata bisa sangat besar, lo. Cara termudah tentu saja Anda dan suami bepergian bersama ketimbang menggunakan dua kendaraan yang berbeda.

Tapi jika tak memungkinkan, sebisa mungkin gunakan transportasi umum atau ikut dengan suami hingga lokasi terdekat. Jadi Anda bisa menghemat biaya angkutan umum meski sedikit. Lama-lama menjadi bukit, kan? Bisa juga manfaatkan promo-promo taksi atau ojek aplikasi.

3. Biaya Hiburan di Rumah

Apabila Anda penikmat serial-serial luar negeri, sulit memang kalau harus memberhentikan langganan TV kabel. Tapi coba deh awal bulan ini, teliti lagi apakah langganan TV kabel Anda terpakai semua? Kalau tidak, pertimbangkan berlangganan paket yang lebih murah. Begitu juga pada layanan internet.

4. Pemakaian Listrik

Coba cabut perangkat listrik yang tak terpakai, selalu matikan lampu ruangan yang tak terpakai, bijak menggunakan AC dengan tak membiarkannya menyala saat ruangan atau rumah tak ada orang. Lalu, bandingkan tagihan listrik Anda dengan bulan sebelumnya.

Baca: Jangan Sampai Menyesal, Menabunglah untuk 7 Pengeluaran Tak Terduga Ini

5. Pakaian

Perubahan tren fashion memang cepat sekali berubah. Kalaupun Anda sudah menjaga agar tidak ke mall, toh di media sosial bertebaran pakaian-pakaian manis yang menggoda untuk dibeli.

Setiap kali akan membeli kembali pakaian, coba tengok lemari Anda. Yakin, Anda merasa kekurangan pakaian? Kalaupun Anda sangat ingin membeli, pastikan modelnya bisa dipakai lama dan bukan semata tren yang mudah berubah.

Kalau sedang membutuhkan model pakaian tertentu, coba cari tahu promo khusus untuk berbelanja online.

6. Evaluasi Langganan

Kalau Anda memiliki keanggotaan di pusat kebugaran tapi jarang digunakan, membeli paket modem tapi juga jarang digunakan, dan lainnya, segera cancel daripada uang Anda sia-sia.

Langganan yang tidak terpakai bisa sangat “melukai” saldo tabungan Anda. Pastikan berlangganan saat Anda memang membutuhkannya.

7. Mengurangi barang bermerek

Banyak dari kita membeli produk sehari-hari seperti sabun, sampo, minyak goreng, dan lainnya yang bermerek karena sudah telanjur suka atau sekadar ikut-ikutan. Padahal kalau ditelisik, masih banyak kok alternatif lain yang secara kualitas tak terlalu beda, tapi selisih harganya lumayan besar.

8. Habiskan Semua yang Dibeli

Jika Anda ingin lebih hemat, pastikan Anda tidak membuang produk rumah tangga.

Gunakan semua produk kecantikan, kebersihan, memasak, dan lainnya hingga habis. Jangan segera membuang botol kemasan hanya karena Anda sudah punya yang baru, padahal di botol yang lama masih tersisa.

Baca: 8 Resolusi Kelola Uang

9. Kartu Loyalitas

Apabila toko langganan Anda menawarkan kartu loyalitas, cob abaca baik-baik aturannya. Kalau memang akan terpakai, kenapa tidak membuatnya? Terutama kartu loyalitas yang menawarkan potongan-potongan harga untuk produk yang rutin Anda gunakan.

10. Hiburan Gratis

Siapa bilang mengajak anak bermain harus ke pusat perbelanjaan atau ke kafe-kafe yang menyediakan kids corner? Si Kecil juga bisa senang, lo, piknik di taman atau di alam bebas yang membuatnya bebas berlari ke sana ke mari.

Kalau sedang bermain ke mall pun, beberapa pusat perbelanjaan memiliki atraksi gratis yang tak mengharuskan Anda membayar sew ataman bermain anak. 

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.