Meringankan Rasa Lelah Dalam Bekerja

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Selasa, 28 Agustus 2012
Foto :

Kerja lelah

"Ilustrasi "

Siapa pun dapat mengalami gejala-gejala kelelahan kerja. Sayangnya, sebagian besar gejala-gejala tidak jelas. Padahal, perlu mengetahui dengan tepat untuk menentukan akar masalah kelelahan kerja Anda untuk mengatasinya.

Nah, agar tak berlarut-larut dan menimbulkan masalah kinerja Anda, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasinya.

o Periksa  gejala kelelahan kerja sendiri. Mulai dengan, mencermati bagaimana tubuh Anda menunjukkan gejala-gejala kelelahan kerja. Ada dua kategori: gejala emosional dan gejala fisik. Gejala emosional dapat ditunjukkan dengan: kemarahan, ketidakpuasan, sikap tidak menyenangkan yang berisiko tinggi, lekas marah, dan depresi. Di sisi lain, gejala fisik juga dapat meliputi nyeri otot, masalah pencernaan, sakit kepala, pilek, penurunan berat badan, pertambahan berat badan, tekanan darah tinggi, dan masalah tidur.

o Pertimbangkan  mengambil istirahat sebentar. Kelelahan memang risiko yang dapat ditemui dalam setiap aktivitas, tetapi Anda perlu melakukan sesuatu untuk menyegarkan diri sendiri. Pertimbangkan untuk mengambil istirahat sebentar sehingga  dapat mengalihkan perhatian  tanpa kehilangan fokus pada pekerjaan Anda. Hal ini dapat dilakukan  dengan peregangan setidaknya setiap jam.

Jika sebagian besar pekerjaan dilakukan  sembari duduk  selama  bekerja, jangan lupa  berdiri sebentar. Jangan paksakan diri  berada di posisi statis di sepanjang hari karena pekerjaan. Dan sebaliknya, jika pekerjaan Anda menuntut untuk selalu berdiri di sebagian besar waktu,  jangan biarkan  seluruh berat badan bertumpu dalam satu posisi. Sebisa mungkin, gerakkan tubuh Anda terutama kaki Anda untuk menghindari ketegangan.

o Adaptasi dengan lingkungan kerja. Anda harus mempertimbangkan tempat kerja  sebagai rumah kedua. Jika Anda tidak akan beradaptasi dengan lingkungan kerja, maka  akan ditemukan kesulitan untuk berinteraksi dengan rekan-rekan  bahkan  dengan atasan. Mengupayakan pandangan  hidup senantiasa  cerah, Anda dapat menjadikan setiap hari kerja adalah semangat baru.

o Carilah bantuan. Anda tidak sendirian dalam bekerja, begitupun  dalam lingkaran sosial. Carilah bantuan setiap kali Anda mengalami masalah dengan pekerjaan. Mintalah atasan Anda untuk memperpanjang tenggat waktu yang  tidak bisa Anda penuhi.  Sadari, mendapat tekanan satu persatu setiap hari memang dapat membuat Anda kelelahan. Tetapi ini semua akan terbayar ketika Anda mengetahui, rekan dan keluarga Anda sangat menghargainya.

o Atasi diri sendiri. Tanpa mengatasi dan memperdulikan diri sendiri, tak ada harapan untuk  meringankan beban kelelahan kerja Anda. Tetap perhatikan gejala dan kemampuan Anda selama  melakukan pekerjaan, sehingga Anda dapat memaksimalkan potensi dan bertumbuh di bidang Anda. Dan ingat, mengalami kelelahan dalam bekerja adalah hal yang sangat normal, tapi jangan ragu untuk melakukan sesuatu untuk meringankannya.

Laili/ dari berbagai sumber

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

TAG: #lelah