Trik Agar Karier Makin Bersinar dan Gaji Naik Tahun Depan

Editor: Ade Ryani HMK / tabloidnova.com
Sabtu, 31 Desember 2016
Foto : Thebusinesswomanmedia
Mau karier makin bersinar dan gaji naik tahun depan? Ini caranya

Tahun baru selalu membawa harapan baru. Momen akhir tahun pas untuk merencanakan perjalanan karier Anda selanjutnya. Dan 4 hal ini akan memandu Anda. 

Baca Tren 

Buka mata dan telinga lebar-lebar untuk mengetahui perkembangan dunia. Perbanyak 'piknik' agar wawasan semakin luas.

Cari tahu perubahan apa yang tengah berlangsung, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial serta teknologi karena semua aspek tersebut memiliki keterkaitan dalam melahirkan tren dan kebijakan, termasuk di dunia usaha.

Bagaimana kira-kira dampaknya terhadap perusahaan tempat Anda bekerja? Apa pengaruhnya bagi perkembangan karier Anda sendiri?

Lo, kok, kedengarannya serius amat? He he he santai saja. Informasi semacam itu bisa dengan mudah kita dapatkan dari diskusi santai sambil ngopi bareng teman atau senior, mendengarkan talk show di radio atau televisi, membaca buku atau koran.

Kita juga bisa hadir ke seminar-seminar populer yang kini banyak digelar di tempat-tempat kasual seperti mal atau event-event seperti yang sering selenggarakan oleh NOVA.

Asalkan kita mau terbuka untuk menyerap pengetahuan baru dan terbiasa membaca situasi, kita akan peka membaca trend dan melihat peluang yang tersedia dan bersiap diri menjemputnya. 

Review Performa

Lakukan evaluasi terhadap performa pribadi. Apa yang menjadi keunggulan, kelemahan dan pencapaian apa saja yang patut dicatat sehingga Anda bisa menggunakan resep yang sama untuk menciptakan keberhasilan baru atau mencari alternatif cara untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa belum sesuai harapan.

Jangan lupa untuk mengidentifikasi hal-hal yang berpotensi menghambat perkembangan karier sehingga Anda bisa memasukkannya dalam daftar rencana pengembangan diri atau mencari cara untuk mengatasinya.

Rancang Peta 

Kita sudah tahu gambaran besarnya. Apa trendnya dan bagaimana peta kekuatan kita saat ini. Pertanyaannya, bagaimana kita mengambil posisi dalam situasi ini? Buatlah rencana perjalanan karier untuk setahun ke depan.

Menurut careercentre.au, perencanaan karier sendiri merupakan proses berkelanjutan yang terkait dengan ketertarikan, nilai-nilai, keterampilan dan preferensi; proses eksplorasi atas pilihan-pilihan kesempatan yang tersedia; serta proses meyakinkan diri bahwa bidang kerja yang kita geluti sesuai dengan pribadi.

Selain itu, perencanaan membantu kita mengelola perubahan-perubahan dalam dunia kerja dan kehidupan secara keseluruhan. Agar rencana mudah direalisasikan, pecahkan dalam target-target yang bisa dicapai.

Misal, Anda mengincar posisi lebih tinggi di perusahaan. Untuk itu diperlukan skill tertentu seperti kemampuan presentasi yang baik, kemampuan manajerial atau penguasaan bahasa asing tertentu.

Buatlah daftar berdasarkan prioritas atau tingkat kepentingannya. Jangan lupa membuat timeline sehingga Anda punya patokan waktu dan tertantang untuk mewujudkan rencana sesuai tenggat waktu. 

Wujudkan! 

Rencana hanya tinggal wacana bila kita tidak bersungguh-sungguh ingin mewujudkannya. Anggaplah perencanaan karier seperti Anda merencanakan perjalanan liburan. Anda bercita-cita untuk pergi liburan ke Jepang.

Untuk itu Anda tentu perlu menghitung biaya, mengatur jadwal cuti, membuat itinerary, mengurus visa dan persiapan lainnya. Anda perlu modal, yang rencananya bisa didapat dari hasil arisan.

Seiring waktu berlalu Anda mengabaikan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan, misalnya lupa bergabung dengan kelompok arisan, tidak merencanakan cuti jauh-jauh hari, atau hal yang sepertinya sepele seperti lupa memperpanjang paspor.

Alhasil mimpi indah untuk menikmati keindahan bunga Sakura mesti tertunda atau batal sama sekali. Sedih, bukan?

Resolusi Karier Paling Populer: Naik Gaji

Di antara sekian harapan tentang masa depan karier menyambut 2017, mendapatkan kenaikan gaji menempati urutan paling populer menurut hasil polling yang dilansir businessnewsdaily.com. Hmm…siapa tak suka naik gaji?  

Di urutan berikutnya adalah resolusi terkait pengembangan skill, kesempatan promosi, melakukan perubahan karier, mendapatkan pekerjaan baru dan membangun jejaring.

Keenam resolusi atau beberapa di antaranya mungkin ada di dalam daftar Anda tahun lalu. Selamat bila Anda berhasil mewujudkannya. Bila belum, jangan putus asa. Tak ada salahnya kok mengulang resolusi. Tapi pastikan kali ini Anda sungguh mengupayakannya ya! 

Emma Aliudin/Tabloid NOVA 

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.