10 Cara Cerdas Mengasuh Anak

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Rabu, 24 Juli 2013
Foto :

ibu dan anak 1-klubnova

"Foto:Klubnova.tabloidnova.com "

Jika Anda pelaku Parenting, apakah Anda menjamin semua hal di atas bisa benar-benar bisa Anda penuhi untuk anak?

Berikut adalah10 pola pengasuhan cerdas bagi Anda para SuperMom:

Ajar Anak Atasi Masalah

Buat anak mengerti bahwa kekecewaan merupakan bagian hidup yang kerap manusia hadapi. Bantu ia menempatkan segala sesuatu dalam perspektif dan tidak membandingkan dirinya dengan orang lain. Fokus pada memperbaiki masalah dan rangkul anak, termasuk kelemahannya.

Tunjukkan cinta, pelukan, kenyamanan, dan yakinkan ia akan baik-baik saja. Kegagalan hanyalah tahap sementara.

Ajar Anak Menghormati Tubuhnya

Menjaga tubuh tetap bersih dan sehat bukanlah pilihan, melainkan sesuatu yang wajib dilakukan di sepanjang kehidupannya. Ajarkan anak untuk memerhatikan apa yang ia tempatkan ke dalam tubuh dan bagaimana hal itu bisa memengaruhinya.

Misalnya, makan pisang sebelum perlombaan atau kegiatan olahraga akan memberinya energi lebih, daripada cokelat atau keripik.

Ajar Anak Kelola Uang

Dengan mengetahui bagaimana uang datang ke rumah akan membantu anak lebih menghormati dan menghargai hal-hal yang ia miliki. Ajarkan ia menabung uang sakunya dengan memberinya celengan.

Ajarkan Anak Menjadi Bahagia

Menikmati kesenangan kecil dalam kehidupan dan mengambil waktu melakukan hal-hal yang iasukai bisa membantunya mengerti bahwa kebahagiaan itu tidak selalu datang dari hal-hal besar.

Habiskanlah waktu yang berkualitas dengannya dengan melakukan hal-hal yang ia cintai. Misalnya, tertawa bersama saat menonton film kartun atau pergi berjalan-jalan.

Ajar Anak Independen

Berikan anak kesempatan untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Perlahan namun pasti, itu akan membuatnya lebih mandiri.

Ajar Anak Lebih Bugar

Hal utama yang perlu diubah di sini ialah sikap Anda! Alih-alih menghindari alergi, penyakit, atau penculikan, dimasa sekarang banyak orangtua yang menyuguhi anak-anaknya komputer atau fasilitas elektronik lainnya daripada bermain di luar.

Tahukah Anda, bermain di luar bisa membantu anak bersantai setelah menghadapi hari-hari yang berat, meningkatkan nafsu makan, tidur lebih nyenyak, serta lebih berkonsentrasi.

Ajar Anak Berdoa

Ajari anak percaya pada Tuhan, Si Pemilik Alam Semesta ini, dan mensyukuri apa yang dimilikinya. Ajaklah anak berdoa bersama dalam suasana yang santai, sehingga ia tidak merasa tertekan saat melakukannya.

Ajar Anak Kritis

"Mengapabegini, mengapa begitu?" Pancinganak menanyakan banyak hal untuk menjadikannya kritis. Dan ketika anak (banyak) bertanya, jangan malas menjawab. Dengan mengajarkan anak untuk tidak pasif  itu sama saja Anda memberikannya masa depan yang cerah.

Ajar Anak Berjuang Membela Dirinya

Kuncinya, sebagai orangtua, Anda harus mengetahui kapan harus terlibat dan tidak dalam permasalahan yang dihadapi anak dengan "lawannya". Kebanyakan kasus, orangtua justru bertindak sebagai pendukung anak, algojo, atau hakim. Beri anak kesempatan menggunakan kemampuannya sendiri dalam memecahkan masalahnya.

Ajar Anak Berduka

Kematian memang bukan topik yang nyaman dibicarakan.Ajar anak mengekspresikan kedukaan dengan penjelasan yang sesuai usianya. Misalnya, jika ikan peliharaannya mati, jangan remehkan hal itu. Tunjukkan simpati, hiburlah ia, dan buat ia mengerti bahwa kematianjuga bagian dari kehidupan. Dorong anak mengatakan perasaannya. Katakan kepadanya bahwa merasa buruk atau sedih itu tidaklah salah.

Ester

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.