7 Trik Agar Anak Ceria dan Bahagia yang Sering Dilupakan Orangtua

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Rabu, 1 Juni 2016
Foto : ISTOCK
Lakukan ini agar buah hati menjadi anak ceria dan bahagia

Menjadi orangtua memang merupakan sebuah tugas yang sulit. Apalagi menghadapi anak yang rewel dan mudah marah. Padahal, Anda tentu menginginkan anak yang selalu ceria di setiap harinya.

Berikut beberapa cara agar anak selalu ceria yang perlu Anda tahu dan lakukan setiap hari. Cara ini juga akan membantu Anda menjadi orangtua yang selalu bahagia.

1. Mulai dari diri sendiri

Langkah pertama dan perlu dilakukan adalah menjadi contoh yang baik. Anak-anak akan mudah mengikuti apa yang Anda lakukan dibanding perintah.

Cobalah untuk memberi contoh bagaimana Anda bahagia menjalani tugas sebagai ibu dan bagaimana melakukan sesuatu yang disiplin dengan mudah. Si kecil akan melakukan hal tersebut tanpa mengeluh.

2. Makna bersyukur

Si kecil juga perlu diajarkan makna bersyukur. Hal ini akan membuat anak tidak mudah mengeluh. Cobalah mengajarkan kata terima kasih ketika diberikan sesuatu atau mendapatkan bantuan. Anak akan mendapatkan makna dan aura positif sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih antusias dan gembira.

BACA: 10 Ucapan Orangtua yang Membuat Anak Bahagia

3. Pancing tawa bahagianya

Cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan yang mengundang tertawa dan senyum bahagia. Stimulus kecil ini akan membuat anak mudah merasa bahagia. Jangan terlalu sering marah akibat kesalahan kecil seperti menumpahkan makanan.

4. Hindari gadget

Cara lain untuk mengundang tertawa bersama adalah waktu membaca buku. Jangan terlalu sering menonton televisi atau bermain game pada gadget. Buku dapat membuat anak berimajinasi.

5. Indahnya berbagi

Mengajarkan indahnya berbagi juga membuat anak mudah untuk berbahagia dan selalu ceria. Mama bisa memulainya dengan mengajak ke panti asuhan atau merayakan ulang tahun bersama mereka. Melihat kondisi orang lain yang berkekurangan dan berbahagia bersama mereka, akan membuat anak senang dan juga lebih bertanggung jawab.

6. Biasakan mendengar

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mendengarkan apa yang sebenarnya anak butuhkan. Anda juga harus membuka diri untuk menerima masukan hal-hal yang sering membuat anak sedih atau tidak ceria.

Jangan merasa apa yang telah dilakukan sudah menjadi hal terbaik dan disenangi oleh anak.

7. Menangani kegagalan

Hal lain yang membuat anak tidak ceria adalah ketika mereka menghadapi kegagalan atau penolakan. Usahakan mengenalkan pada anak bahwa mereka akan menemui kegagalan.

Kenalkan padanya jenis emosi termasuk kecewa. Anda perlu memberikan dukungan dan bantu mereka untuk menghadapi kegagalannya. Jangan tambahkan amarah pada anak yang sedang merasa gagal.

BACA: Ini Ciri Anak yang Bahagia di Sekolahnya

Berbagai cara agar anak selalu ceria tadi harus diimbangi dengan komunikasi dan kasih sayang. Anda boleh menjadi orangtua yang tegas, namun jangan sampai anak tidak merasa dicintai oleh orangtua.

Kasih sayang orangtua menjadi hal terpenting dalam menentukan kebahagiaan anak. Memuji menjadi salah satu bentuk kasih sayang yang bisa Anda berikan.

Sumber: Tabloid Nakita

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.