Bila Si Anak Suka Berbohong

Reporter: tabloidnova.com / www.tabloidnova.com
Rabu, 6 Maret 2013
Foto :

anak bohong

"Ilustrasi "

-      Habiskan waktu dengan anak remaja Anda setiap hari.

-      Harapkan mereka untuk terbuka dengan Anda. Memang mereka tidak akan segera menceritakan segala sesuatunya pada Anda, tapi perlahan pasti akan dilakukannya.

-      Jangan bereaksi berlebihan. Ketika remaja Anda memberitahu Anda tentang kebohongannya, jangan memberikan respon yang tak diinginkannya. Misalnya saja, marah, menangis, berteriak, dan hal ekstrim lainnya.

-      Bantuan anak memecahkan masalah. Alih-alih mengatakan kepadanya apa yang Anda pikirkan tentang pengakuannya, lebih baik tanyakan kepadanya apa yang ia pikirkan.

-      Bangun kepercayaan kepada anak. Setiap orang tua pastinya tidak suka dengan kebohongan yang dilakukan anaknya. Tetapi jika memang hal itu harus dihadapi, hadapilah dengan bijak. Terus bangun kepercayaan kepada anak agar anak tidak mengulangi perbuatannya lagi. "Anda sebagai orang tua harus memimpinnya dalam hal ini," ujar psikolog Laura Markham, PhD, penulis Peacefull Parent, Happy Kids. "Menghukum anak yang berbohong hanya akan membuatnya menjadi pembohong yang lebih baik lagi," kata Markham.
Ester Sondang

Editor : tabloidnova.com / www.tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.