Tips Bijak Agar Anak Aman Gunakan Media Sosial (1)

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Kamis, 26 Februari 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Tak dapat dipungkiri, remaja saat ini lebih cerdas dalam bermedia sosial dibandingkan generasi sebelumnya. Berdasarkan sebuah studi, sebanyak 80 persen remaja di dunia kini tak bisa hidup tanpa online dan menggunakan media sosial.

Para remaja generasi sekarang ini berbagi informasi tentang diri mereka jauh lebih sering dari pada sebelumnya. Namun di sisi lain, dalam dunia digital juga tak lepas dari tekanan atau tindak bullying yang disebut cyber bullying.

Maka sebagai orangtua, Anda harus mau lebih banyak menyisihkan waktu untuk sharing dengan anak-anak dan penting memastikan bahwa anak-anak selalu dalam kondisi dan situasi yang aman saat bersentuhan dengan internet.

Lebih dari itu, memberi pemahaman kepada anak-anak tentang seluk-beluk media sosial bisa jadi suatu tantangan. Namun jangan khawatir, dengan pendekatan dan edukasi yang tepat, Anda bisa secara efektif mengajari anak berperilaku di media sosial secara bertanggung jawab dan bijak.

Social Media Monitor telah mengumpulkan sejumlah daftar dari berbagai sumber profesional dan ahli, untuk memastikan bahwa orangtua memahami tips komprehensif dan dapat diandalkan demi menjaga anak-anak tetap aman saat bermedia sosial:

1. Pelajari Lebih Jauh Tentang Media Sosial
Sebelum memberi pemahaman kepada anak, terlebih dulu Anda sendiri yang harus belajar dan memahami seluk-beluk media sosial secara akurat. Setelah merasa cukup paham, didik dan ajari anak mengenai berbagai platform media sosial yang mungkin digunakan oleh anak-anak.

Jika anak-anak ingin pindah dari satu platform media sosial ke yang lain, Anda harus mengulangi prosesnya dari awal untuk memastikan Anda tahu segala sesuatu yang perlu diketahui (password, fitur media sosial, dan lainnya), tentang platform apa saja yang ingin mereka miliki akunnya.

Sejumlah media sosial sangat populer yang mungkin dimiliki oleh anak-anak dan remaja masa kini: Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Snapchat, Vine, Secret, dan Whisper.

2. Ketahui Pedoman & Aturan Tiap Media Sosial
Jangan berasumsi hanya karena anak-anak sudah canggih menggunakan gadget, otomatis mereka memahami tiap aturan dari media sosial dan telah menggunakan internet dengan benar.

Gunakan otoritas Anda sebagai orangtua dan pengetahuan mengenai internet, untuk memberi tahu anak-anak tentang cara melindungi diri secara online. Anda harus menetapkan aturan yang kuat dan jelas tentang apa yang bisa dan tak bisa mereka lakukan saat berinternet.

Termasuk soal bermedia sosial, tetapkan aturan apa yang boleh dan tidak boleh mereka unggah di media sosial, serta seberapa sering mereka dapat mengakses media sosial melalui gadget atau ponsel.

Usahakan komputer diletakkan di area publik, seperti ruang keluarga, ketimbang di kamar tidur anak. Ini cara yang cukup baik untuk memastikan Anda selalu dapat mengawasi apa yang mereka lakukan.

Dengan membangun pedoman ini, Anda juga bisa sekaligus memastikan kebiasaan positif anak dalam berinternet. Sehingga anak akan selalu terjaga keselamatannya dari dampak negatif internet, yang sewaktu-waktu juga dapat berpengaruh pada kehidupan mereka di luar media sosial.

(BERSAMBUNG)

Intan Y. septiani/Tabloidnova.com

SUMBER: SOCIAL MEDIA MONITOR

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.