Jangan Sampai Menyesal, Menabunglah untuk 7 Pengeluaran Tak Terduga Ini

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Senin, 28 September 2015
Foto : ISTOCKPHOTO
Siapkan pos dana untuk pengeluaran tak terduga ini.

Sebagai wanita, tentunya mengalami kebutuhan mendadak yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan dana di luar dugaan sudah bukan sebuah hal yang mengagetkan. Bahkan hingga membebani tabungan yang niatnya hanya Anda sentuh bila dalam keadaan genting saja. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan beberapa jenis tabungan sedari dini, guna mengantisipasi hal-hal di bawah ini yang bisa kapan saja terjadi. Pengeluaran tak terduga harus ada pos khususnya, lo. Jangan sampai saat dana dibutuhkan, Anda justru sama sekali tak punya pegangan. 

Menurut situs dailyworth, ada tujuh hal sehubungan dengan biaya tak terduga yang bisa saja Anda butuhkan:

1. Biaya kehilangan pekerjaan

Pada kenyataannya sama sekali tak ada jaminan berapa lama Anda akan bekerja di perusahaan Anda saat ini. Skenario seperti dirumahkan, perusahaan bangkrut, gagal kontrak, dan pemutusan hubungan kerja dapat terjadi pada siapapun.

Akan sangat baik jika bisa langsung mendapatkan pekerjaan pengganti, namun tak akan pernah ada yang tahu secepat apa Anda mendapatkannya. Maka tak ada salahnya menyiapkan dana untuk pengeluaran tak terduga untuk membayar segala tagihan bulanan. Jangan lupakan biaya lainnya juga untuk Anda mencari pekerjaan berikutnya.

Baca: Menyiapkan Keuangan Jika Di-PHK

2. Biaya perceraian

Data menyebutkan bahwa pada tahun 2011, lebih dari seperempat wanita di Amerika Serikat hidup dalam kemiskinan akibat perceraian atau perpisahan dengan pasangan. Dari data tersebut semua orang dapat belajar mempersiapkan keuangan untuk berbagai skenario masa depan, termasuk perceraian. Pasalnya, selain biaya hidup, biaya untuk mengurus perceraian sendiri tidaklah murah.

3. Biaya kehamilan 

Kehamilan adalah suatu hal yang tak terduga. Tak ada salahnya menyiapakan biaya khusus kehamilan bagi Anda yang telah berkeluarga. Ada pula biaya program kehamilan untuk meningkatkan kesuburan atau keluarga berencana yang dapat diperkirakan.

4. Biaya transportasi

Banyak wanita yang tak memperkirakan biaya transportasi dadakan perbulannya. Jika pulang terlalu malam, rata-rata wanita akan memilih taksi atau mobil pengantar pribadi daripada kendaraan umum lainnya. Argo taksi dan mibil pengantar yang terbilang cukup mahal, terkadang membuat bengkak biaya bulanan.

5. Biaya kerusakan kendaraan

Bagi wanita yang mengendarai kendaraan pribadi, menyiapkan dana untuk malfungsi kendaraan bermotor sangat diperlukan. Ada baiknya, lakukan pengecekan rutin kendaraan tiap satu bulan sekali untuk mencegah kerusakan yang berarti. Selain itu, sebelum ke bengkel cobalah bertanya pada teman yang lebih mengerti tentang hal ini agar harga tak mendapati harga yang melambung tinggi.

Baca: 8 Resolusi Kelola Uang

6. Biaya pajak dan asuransi

Ingatlah tagihan pajak dan asuransi yang harus Anda bayar. Kebanyakan orang tak mengingat tanggal jatuh tempo dan sering berakhir dengan denda yang lumayan membebani.

7. Biaya kesehatan

Terakhir dan utama adalah dana persiapan bagi kesehatan. Ada baiknya menabung untuk kesehatan agar tak membebani orang-orang disekitar Anda. Meski telah ada asuransi kesehatan dari pemerintah dan tempat kerja, Anda tetap perlu menabung untuk jangka waktu ke depan yang kadang memang tak terduga.

Sumber: Kompas.com
 

Penulis : Annelis Brilian

Crafting words for Tabloid Nova since 2012.