Kupas Tuntas Tips Praktis Cara Hemat di Dapur

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Sabtu, 19 September 2015
Foto : IST
Banyak yang dilakukan untuk hemat di dapur.

Mumpung akhir pekan, Anda ingin kembali ke dapur? Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menekan biaya di dapur. Simak sampai tuntas!

Menghemat Bahan Makanan

Untuk menghemat waktu dan tenaga, ada beberapa bahan makanan yang dapat Anda simpan dalam waktu lama, antara lain:

-Kaldu: Buat kaldu dalam jumlah yang banyak. Setelah masak dan dingin, kemas kaldu dalam plastik dengan ukuran 1 liter. Simpan kaldu dalam frezzer hingga membeku. Kaldu ini dapat bertahan hingga sebulan lebih. Saat akan digunakan malam sebelumnya pindahkan kaldu ke kulkas bagian bawah agar kaldu mencair dan akan lebih cepat saat digunakan.

-Santan: Sama dengan kaldu, santan juga dapat disimpan dalam kondisi beku hingga waktu yang lama. Hanya saja, sebelum dikemas rebus santan sambil terus diaduk hingga mendidih, angkat santan dan diamkan hingga benar-benar dingin. Setelah dingin kemas santan dalam plastik dengan ukuran 1 liter. Walaupun dapat disimpan lama, namun jangan terlalu lama menyimpan santan, karena rasanya akan berubah.

-Bumbu halus: Buat bumbu dalam jumlah yang banyak. Lalu kemas bumbu dalam plastik kedap udara dan simpan dalam frezzer hingga membeku. Saat akan digunakan diamkan bumbu hingga lunak kembali dan masak seperti biasa. Dengan cara ini Anda dapat menghemat penggunaan blender terlalu sering.

- Makanan siap santap: Makanan siap santap yang dimaksud seperti ayam bumbu kuning, nugget, sosis, dan bahan makanan lain yang saat dimasak kembali tidak memerlukan waktu yang lama. Simpan ayam berbumbu dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam frezzer. Ayam berbumbu ini dapat bertahan hingga beberapa minggu agar rasanya tetap sama.

Yang perlu diperhatikan setiap bahan makanan yang distok harus diberi keterangan waktu pembuatan. Dan letakkan bahan makanan yang baru di bagian belakang dan bahan makanan yang sudah lama letakkan di bagian depan. Sehingga bahan makanan yang lama tetap digunakan terlebih dahulu.

Dahrani Putri/NOVA

Halaman 1 dari 4

1 2 3 4

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.