10 Ucapan Orangtua yang Membuat Anak Bahagia

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Jumat, 11 Maret 2016
Foto : Istockphoto
Ucapan orangtua yang membuat anak bahagia

Perkataan adalah sebuah doa. Dan anak adalah harta orangtua yang paling berharga. Maka saat orangtua berbicara pada anak, pilihlah perkataan yang positif dan membuat buah hati merasa bahagia.

Berikut ini adalah ucapan orangtua yang membahagiakan anak, sebaiknya Anda coba aplikasikan.

  1. “Ibu/ayah menyayangimu.”

Kata-kata ini mungkin terdengar sederhana, namun sangat bermakna untuk menunjukkan rasa kasih sayang orangtua pada anaknya. Ucapkan beberapa kali setiap hari, dan lakukan sambil memeluk dan mencium si Kecil.

Sejumlah penelitian menemukan, pelukan orangtua dan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak anak serta merangsang produksi hormon oksitosin yang memberikan perasaan bahagia. Psikolog, motivator, sekaligus penulis buku Miracle of Hug, Melly Puspita Sari, menyarankan orangtua untuk memeluk anaknya minimal 8 kali sehari untuk memberikan energi positif pada anak.

  1. “Ibu/ayah kangen.”

Saat anak bepergian, menginap di rumah saudara, atau justru orangtua yang sedang harus bertugas ke tempat yang jauh dari rumah jangan lupa untuk tetap untuk saling berkomunikasi dan bertukar kabar. Pun ketika Anda seharian di kantor sementara si Kecil sibuk berkutat dengan aktivitasnya di rumah dan sekolah, kirim pesan atau telepon hanya untuk menanyakan kabar dan mengatakan bahwa Anda merindukannya sehingga ia merasa selalu dekat dengan orangtuanya.

Biasakan terbuka mengungkapkan rasa sayang dan ucapkan kalimat yang membuat anak bahagia.

BACA: 5 Omongan Orangtua yang Timbulkan Luka Batin pada Anak

  1. “Bagaimana harimu? Cerita dong pada Ibu.”

Di sela kesibukan Anda, sempatkan waktu untuk bertukar cerita tentang hari yang telah dijalani. Kadang ada anak yang tidak suka bercerita, atau justru anak tak tahu apa yang harus diceritakan. Pancing dengan Anda yang bercerita duluan. Setelah anak tertarik, lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang menarik.

Terpenting, pastikan kondisi anak tidak sedang kelelahan. Misalnya setelah anak pulang sekolah, sempat makan siang dan beristirahat, tanyakan, “Siapa temanmu yang paling lucu hari ini? Kenapa?”, “Siapa teman sebangkumu tadi? Apa sih yang kalian obrolkan?”

Ini menjadi ucapan orangtua yang membahagiakan anak karena menunjukkan Anda begitu peduli dan tetap punya waktu untuknya.

  1. “Terima kasih Kakak sudah membantu Ayah.”

Meski hal yang dilakukan anak sangat sepele, bahkan jauh dari sempurna, jangan lupa mengucapkan kata terima kasih atas segala upayanya.  Anak akan merasa dihargai dan di lain waktu akan terpacu untuk berusaha melakukan sesuatu dengan lebih baik.

BACA: Hindari 3 Kalimat Ini Saat Ajari Anak untuk Sukses

  1. “Jangan bersedih dan menyerah. Lain kali Adik pasti bisa.”

Di suatu saat anak harus menghadapi kenyataan yang tidak selalu indah. Ketika ia menghadapi tantangan dan merasakan kegagalan. Ada anak yang cuek saja, tapi ada yang langsung drop. Orangtualah yang berperan memotivasi anak untuk bisa bangkit dan tegar untuk mencapai tujuannya. Beri kata-kata penghiburan dan peneguhan, jangan justru disalahkan.

Halaman 1 dari 2

1 2

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.