Memberi MPASI Terlalu Dini Tingkatkan Risiko Alergi pada Anak

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Jumat, 29 Mei 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Alergi pada anak tentu akan membuatnya tak nyaman. Bahkan, dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A., dari RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, mengatakan, alergi pada anak bisa mengganggu kualitas hidup anak.

"Tak nyaman jika pilek terus-terusan atau gatal-gatal melulu, bukan? Sedangkan efek jangka panjang adalah memengaruhi tumbuh kembang anak. Misalnya, alergi yang menyebabkan gangguan pencernaan membuat anak jadi susah makan, hingga mengganggu tumbuh kembangnya."

Berdasarkan faktor penyebabnya, alergi pada anak dapat dibagi menjadi alergi makanan, bulu binatang, dan house dust mite (tungau debu rumah). Untuk makanan, yang sering menjadi penyebab alergi misalnya ikan laut, seafood, cokelat, kacang tanah, kacang hijau, susu sapi, keju, telur ayam/puyuh, beberapa jenis buah seperti rambutan, nanas, tomat. Alergi juga bisa terjadi pada semua usia, termasuk bayi baru lahir. 

Meta menyebutkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko alergi adalah dengan memberikan ASI eksklusif, yaitu untuk bayi berusia 0-6 bulan. Selain itu, hindari pemberian MPASI dini sebelum anak berusia 6 bulan.

"Pemberian makanan padat dini dapat meningkatkan risiko timbulnya alergi. Hindari juga paparan debu di lingkungan anak seperti pemakaian karpet, kasur kapuk, tumpukan buku dan baju tak terpakai."

 Hilman Hilmansyah

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.