Minum Cukup Air Putih Mampu Mencegah Obesitas

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Kamis, 3 Juli 2014
Foto :

TabloidNova.com - Air memiliki fungsi penting dalam berbagai proses tubuh manusia, antara lain sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut, dan pelumas bantalan.

"Air ada di berbagai organ dan sel tubuh. Begitu organ tubuh kekurangan air, ia tidak akan berfungsi dengan baik dan memicu munculnya berbagai gangguan," kata Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc., dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, di acara media briefing di Jakarta beberapa waktu lalu. Jumlah air yang dibutuhkan tubuh, tambahnya, adalah tergantung jumlah air yang keluar.

Saat terasa haus, sebaiknya Anda segera minum air putih secukupnya. Begitu juga sehabis buang air kecil, segera minum untuk menggantikan cairan yang keluar, demikian saran Saptawati. Pasalnya, rasa haus yang dibiarkan justru berpotensi menyebabkan penyakit-penyakit serius seperti susah buang air besar, infeksi saluran kemih, atau infeksi batu ginjal.

Kecukupan asupan air akan memberikan banyak manfaat. Antara lain membuat tubuh lebih bugar, dan kulit menjadi lebih lembap. Lalu, benarkah mengonsumsi cukup air putih mampu mencegah obesitas?

"Ya, karena air putih tidak mengandung kalori," kata Saptawati. Jika meminum air putih menjadi kebiasaan, maka kalori yang masuk hanya berasal dari makanan saja. Ini membuat penghitungan kalori lebih mudah. Pasalnya, saat mengonsumsi minuman dengan penambah rasa atau pengawet, sering kali penghitungan kalori pun terlupakan dan jadi tak terkontrol.

Air putih juga bisa berfungsi untuk detoksifikasi racun tubuh.

 "Air putih membantu tubuh menghilangkaan zat sampah. Makanan yang dikonsumsi akan diolah melalui proses metabolisme, menjadi energi, asam amino, protein, dan ada sisa-sisanya. Nah, sisa-sisa ini bisa dikeluarkan dengan bantuan air. Kalau kurang minum, maka zat sampah tadi tidak keluar semua," tambah Saptawati.

Hasto Prianggoro

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.