Perokok Pasif Pengaruhi Janin

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Selasa, 2 Agustus 2011
Foto :

Saya (30) tengah hamil 1 bulan dengan TB 160 cm dan BB 58 kg. BB sebelum hamil 57 kg. Perlu dokter ketahui, lingkungan kerja saya belum dikategorikan bebas asap rokok. Jadi meski beberapa teman sekerja sudah menyadari dampak negatif rokok, tapi tetap ada juga yang masih merokok. Alhasil, saya jadi perokok pasif. Saya sudah coba memberi tahu tapi kadangkala tak berhasil, entah itu lupa atau pura-pura tak mau tahu.

Yang ingin saya tanyakan, apa dampak menjadi perokok pasif? Bagaimana efek terhadap janin? apakah efeknya bisa diantisipasi atau diminimalisasi dengan mengonsumsi menu makanan tertentu? Bagaimana dengan olahraga, seperti jalan pagi hari? Apakah bisa mengatasi dampak asap rokok yang saya isap secara tak sengaja itu? Mohon penjelasan dari Dokter. Terima kasih.

Ruri -­ Serang

Ibu Ruri di Serang, saya dapat memahami kekesalan Ibu menghadapi lingkungan kerja yang tidak bebas asap rokok. Seperti yang Ibu khawatirkan, memang asap rokok (terlebih kalau Ibu sebagai perokok aktif) dapat memengaruhi perkembangan janin dalam rahim karena efek dari zat karbonmonoksida, nikotin dan zat-zat lainnya terhadap fungsi plasenta.

Kalau masih bisa menghindar dari lingkungan yang tidak bebas asap rokok tentunya tidak ada masalah lagi ya Ibu. Namun, apabila Ibu terpaksa secara tidak sengaja mengisap asap rokok tersebut sebaiknya netralkan dengan banyak mengonsumsi zat yang bersifat sebagai antioksidan dari makanan yang kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi, seperti pada buah dan sayur segar. Akhir kata, saya ingin menyampaikan bahwa keadaan gizi Ibu saat ini sangat prima untuk kehamilan Ibu dan kenaikan BB sebanyak 1 kg dalam usia kehamilan 1 bulan ini sudah memadai.

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

Populer