10 Makanan untuk Rambut Sehat

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Kamis, 20 Desember 2012
Foto :

rambut wanita

"Ilustrasi "

Butuh waktu lebih lama untuk melihat perubahan pada rambut dibanding  kulit. Misalnya, "Hanya dengan satu minggu menjalani pola makan  buruk dapat menghasilkan jerawat memerah, maupun kulit pucat dalam beberapa hari," ditambahkan dermatolog dari New York City, Cybele Fishman, MD, "Akan tetapi pada rambut, butuh beberapa bulan kekurangan gizi atau  pola makan buruk untuk memperlihatkan dampaknya pada rambut. "

Penting Anda ketahui, nutrisi yang dimakan hari ini juga dapat membantu membentengi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. "Folikel sehat, rambut sehat . Kulit kepala sehat, rambut juga sehat!" ungkap Drayer menegaskan arti penting nutrisi bagi rambut sehat.

Beberapa hal juga mempengaruhi kesehatan rambut seperti, merokok, ketidakseimbangan hormonal, dan kurang tidur, yang  dapat mempengaruhi penampilan rambut.

Kendati demikian, Anda tetap perlu memperluas wawasan. Cobalah makan berimbang, bervariasi, kaya protein, dengan diet 10 makanan berikut. Ini akan memberi banyak manfaat bagi penampilan rambut Anda sehari-hari.

1. Salmon

Selain kaya akan protein dan vitamin D, asam lemak omega-3  yang ditemukan dalam ikan  air dingin ini adalah superstar sejati. Tubuh Anda tidak dapat membuat asam-asam lemak, sebagaimana yang dibutuhkan tubuh  untuk menumbuhkan rambut. "Sekitar 3% dari batang rambut dibangun dari asam lemak ini," ungkap Drayer. Omega-3 juga ditemukan dalam membran sel di kulit kepala, dan juga dalam minyak alami yang menjaga kulit kepala sehingga  rambut Anda cukup terhidrasi.

Pilihan lain: Jika salmon kurang Anda sukai, asam lemak esensial juga bisa didapat dari ikan seperti herring, sarden, trout, dan makarel, begitu pula dari alpukat, biji labu parang, dan walnut.

2. Walnut

Ini adalah satu-satunya kacang yang kaya akan asam lemak omega-3. Mereka juga kaya biotin dan vitamin E, yang membantu melindungi sel-sel  dari kerusakan DNA.  Rambut yang jarang  terlindungi dari matahari,  kadar  biotin yang minim dapat menyebabkan rambut rontok. Selain vitamin dan sam lemak, kenari juga memiliki kandungan tembaga, mineral yang mampu menjaga warna rambut alami  dan membuat rambut berkilau.

Pilihan lain: Coba gunakan minyak walnut dalam salad dressing atau gunakan minyak walnut untuk menumis ketimbang menggunakan minyak canola atau safflower.

3. Tiram

Tiram kaya akan zinc, dimana kekurangan zat ini  dapat menyebabkan kerontokan rambut (bahkan juga bulu mata), serta menyebabkan kulit kepala kering dan bersisik. Tiga ons tiram mengandung 493% kebutuhan zinc  harian. Anda bisa mendapatkan zinc dari beberapa sereal dan roti gandum, akan tetapi tiram juga kaya akan protein. "Ingat, rambut terdiri dari 97% protein," ungkap Drayer. Tanpa protein yang cukup, tubuh Anda tidak dapat mengganti rambut yang secara akanu rontok setiap hari. Belum lagi jika kerontokan ini bertambah karena kering, rapuh, atau lemah.

Pilihan lain: Anda bisa mendapatkan zinc dari kacang-kacangan, daging sapi, dan telur.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan bahan makanan yang kaya akan beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan bahan yang diubah tubuh menjadi vitamin A. "Pada dasarnya, setiap sel tubuh tidak dapat berfungsi baik tanpa kecukupan vitamin A," ujar Fishman. Hal ini juga membantu melindungi dan menghasilkan minyak yang mempertahankan kulit kepala. Karenanya, kekurangan  vitamin A bahkan dapat membuat seseorang merasa  gatal, hingga mengalami ketombe menjengkelkan.

Pilihan lain: Wortel, melon, mangga, labu parang, dan aprikot merupakan sumber beta karoten yang baik dari.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang cukup besar. Selain itu, telur sarat dengan empat mineral penting seperti: zinc, selenium, sulfur, dan zat besi. Zat besi sangat penting, karena membantu sel membawa oksigen ke folikel rambut. "Kekurangan zat besi (anemia) merupakan penyebab utama kerontokan rambut, terutama pada wanita," jelas Drayer.

Pilihan lain: Anda juga dapat meningkatkan simpanan zat besi dengan mengonsumsi makanan hewani, termasuk ayam, ikan, dan daging sapi.

6. Bayam

Zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C yang banyak terkandung dalam bayam membantu menjaga folikel rambut sehat dan minyak kulit kepala bersirkulasi.

Pilihan lain: Cobalah makanan kaya zat hijau daun, sayuran berdaun seperti brokoli, kangkung, dan Swiss chard.

7. Lentil

Kecil namun hebat, polong-polongan ini kaya akanprotein, zinc, zat besi, dan biotin, demikian diungkapkan Fishman. Oleh karena itu, lentil bisa dijadikan makanan pokok vegetarian, vegan, dan pemakan daging.

Pilihan lain: Campurkan beberapa kacang-kacangan  seperti kedelai (juga kedelai  muda atau edamame) dan kacang merah ke dalam satu sajian sup atau salad.

8. Greek yogurt

Jika Anda sedang diet susu rendah lemak pilihan bisa jatuh pada  yoghurt Yunani atau Greek yogurt. Yoghurt ini  kaya akan protein ramah rambut, vitamin B5 (asam pantotenat  atau  bahan yang kerap terlihat pada label produk perawatan rambut), dan vitamin D. "Sebuah penelitian mengaitkan  vitamin D dan kesehatan folikel rambut, namun bagaimana persis  cara kerjanya tidak bisa dijelaskan," tandas Fishman.

Pilihan lain: Keju cottage, keju rendah lemak, dan susu skim juga merupakan makanan kaya protein dan vitamin B5.

9. Blueberry

Buah super eksotis ini kerap dikatakan kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat penting bagi sirkulasi  darah ke kulit kepala dan mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan folikel. Kurang vitamin C  dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Pilihan lain: Kiwi, ubi jalar, tomat, dan stroberi juga merupakan makanan kaya vitamin C.

10. Unggas

Menu sehari-hari yang luar biasa ini kaya akan protein, zinc, zat besi, dan vitamin B untuk menjaga helai rambut kuat dan berlimpah. Dikarenakan sebagian besar rambut  dibangun oleh protein,  makanan kaya protein secara harfiah memberikan blok bangunan bagi rambut.

Pilihan lain: Sepotong  daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik.

Laili

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.