5 Langkah Melawan Sindrom Kelelahan Kronis

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Rabu, 7 Mei 2014
Foto :

5 tips stop fatigue-exercise regularly-4 Mei 2014

"FOTO: ivillage.com "

Seseorang yang merasakan tubuh selalu kehabisan tenaga setiap hari biasanya disebut menderita Chronic Fatigue Syndrome (CFS). Secara fisik, sebenarnya tak ada penyakit apa pun yang dideritanya. Namun ia sering kali tak bersemangat menjalani hari-hari.

Nah, agar  tak terlanjur terjangkit CFS, ada baiknya melakukan lima hal berikut sehingga setiap hari Anda akan selalu dihujani semangat dan gairah untuk melakukan banyak hal. Bahkan Anda pun akan selalu tersenyum bahagia setiap bagun tidur di pagi hari.

1.Lakukan Olahraga Secara Rutin

CFS bisa mengakibatkan Anda kehilangan motivasi dan energi. Namun demikian, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk melawan rasa lemas dan tak berenergi. Salah satunya, dengan aktif bergerak setiap hari dalam beberapa menit, untuk mengembalikan kembali semangat dan energi. Sekaligus mengurangi risiko terjangkit dari berbagai penyakit yang akan hinggap.

Para ahli merekomendasikan rasio 1-3-1 dalam melakukan aktivitas untuk mereka yang menderita CFS. Maksudnya, lakukan gerakan olahraga selama 1 menit, kemudian istirahat 3 menit, dan lakukan lagi gerakan 1 menit.

2.Cukup Istirahat

Jika Anda sering mengalami kelelahan, buat prioritas dalam aktivitas harian Anda untuk memberikan waktu kepada tubuh memaksimalkan kembali energi yang hilang. Anda bisa menghilangan rasa lelah dengan mengubah kebiasaan tidur Anda selama ini. Antara lain:

-Berbaringlah ketika Anda benar-benar sudah siap untuk tidur

-Batasi durasi tidur Anda di siang hari

-Tambahkan aktivitas di siang hari dari biasanya

-Kurangi kebisingan selama waku tidur

-Kurangi porsi makan menjelang tidur, yang bisa menganggu kepulasan tidur

3.Jalani Pola Makan Sehat & Seimbang

Makanlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat kompleks (termasuk mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian), protein, lemak baik, serta vitamin agar tubuh selalu mendapatkan sumber energi. Dan jangan lupa untuk selalu minum air putih idealnya minimal delapan gelas per hari.

Mengonsumsi suplemen vitamin setiap hari juga bisa membantu Anda mengembalikan energi yang hilang, namun para ahli memperingatkan, sejumlah suplemen bisa saja mengandung bahan yang membahayakan bagi tubuh Anda, misalnya yang mengandung ginseng terlalu banyak.

4.Kurangi Efek Stres

Lakukan sejumlah teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi yang dipercaya mampu mengurangi stres yang diderita. Selain itu, Anda pun bisa melakukan terapi lain seperti akupunktur, terapi air, atau dipijat yang biasanya dapat mengurangi gejala CFS.

Atau, Anda bisa mengikuti kelompok atau komunitas tertentu yang secara rutin berbagi dan melakukan kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan stres dan gejala CFS, termasuk mengurangi efek insomnia.

5.Hindari Mengerjakan Banyak Tugas Sekaligus

Pilih dan pilah lagi semua kegiatan apa saja yang perlu dan tidak Anda lakukan setiap hari. Mengalami CFS bisa jadi diakibatkan oleh kebiasaan yang sering dilakukan, terkait gaya hidup, atau karena faktor psikologis.

Mungkin Anda sering mengonsumsi obat atau suplemen untuk meredakan kelelahan, seperti obat yang biasa dikonsumsi penderita darah tinggi atau alergi, tapi bisa saja obat atau suplemen itu berkontribusi menambah parah kelelahan yang Anda derita. Untuk itu, ada baiknya Anda mengganti jenis pengobatan.

Namun sebaiknya, Anda mengenali terlebih dulu apa saja gejala yang Anda alami setiap harinya, kemudian identifikasi apa saja yang membuat Anda bisa kembali semangat dan bahkan kehilangan semangat sama sekali. Jika sudah tahu akar masalahnya, Anda akan lebih mampu menghindari segala faktor yang menjadi pemicu munculnya CFS, sebelum mengambil tindakan mengonsumsi obat tertentu.

Intan Y. Septiani/ ivillage.com 

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.

TAG: #kelelahan