7 Penyebab Tubuh Anda Mudah Lelah dan Lesu

Editor: Ridho Nugroho / tabloidnova.com
Minggu, 3 April 2016
Foto : Sallyjoseph
7 Penyebab Tubuh Anda Mudah Lelah dan Lesu

Penyebab tubuh mudah lelah dan lesu bukan hanya dikarenakan kondisi tubuh yang tidak sehat. Ada beragam penyebab tubuh Anda mudah letih. Bahkan, seringkali pemicunya tidak Anda sadari.

Inilah 7 penyebab tubuh Anda mudah lelah dan lesu, seperti yang dilansir oleh HealthMeUp:

Kurang minum
Kekurangan cairan berakibat dehidrasi, yang dapat mempengaruhi energi. Tanpa asupan cairan yang cukup, tekanan darah bisa drop, sehingga membuat tubuh menjadi lelah. Selain itu, kekurangan cairan juga dapat memperlambat pasokan oksigen ke otak, yang dapat membuat energi terkuras. Maka, dianjurkan untuk minum air secukupnya setidaknya enam sampai delapan gelas sehari.

Penyakit tiroid
Keletihan bisa menjadi gejala adanya masalah tiroid. Sebab, penyakit tirioid menimbulkan perasaan lelah. Maka, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter untuk memastikan apakah kelelahan yang dialami normal atau karena adanya suatu penyakit.

Baca: Trik Make-up untuk Mencerahkan Mata Lelah

Alkohol
Tanpa disadari mengonsumsi minuman alkohol dapat membuat tubuh menjadi lelah. Selain itu, alkohol juga dapat mengganggu kualitas tidur. Sebab, bahan kimia dalam alkohol dapat mencegah Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak, sehingga tubuh mudah lelah.

Kekurangan mineral
Kekurangan mineral dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, salah satunya magnesium. Magnesium memainkan peran penting dalam menegakkan kadar glukosa darah, kesehatan otot, dan fokus, sehingga kekurangan magnesium dapat membuat tubuh lelah. Anda bisa menemukan magnesium dalam sayuran atau dan kacang-kacangan.

Melewatkan sarapan
Sarapan bekerja sebagai bahan bakar di pagi hari untuk tubuh Anda. Makanan yang Anda makan di malam hari membantu untuk memompa darah dan mengalirkan oksigen. Jadi, ketika Anda bangun di pagi hari, maka Anda harus mengisi bahan bakar itu untuk mendapatkan energi. Jika Anda melewatinya, maka Anda akan merasa lelah.

Baca: Hidroterapi Alami, Solusi Atasi Kaki Lelah

Kafein
Sama dengan alkohol, mengonsumsi kafein dalam jumlah lebih juga dapat membuat tubuh lelah. Hal ini disebabkan kafein mengganggu siklus tidur dan kurang tidur, sehingga membuat Anda merasa lebih lesu.

Gangguan tidur
Ini merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang, sehingga tak jarang membuat badan lelah. Ada berbagai macam hal yang membuat tidur menjadi terganggu, seperti terbangun karena mendengar suara mendengkur atau mengalami insomnia. Tak heran, membuat tubuh lelah ketika pagi hari.

Esra Dopita Maret/intisari-online.com
Sumber: HealthMeUp

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.