Gampang Lelah, 1 dari 3 Tanda Tubuh Perlu Asupan Multivitamin

Editor: Ade Ryani HMK / tabloidnova.com
Kamis, 13 Oktober 2016
Foto :
kenali 3 tanda tubuh Anda sudah perlu asupan multivitamin

Passion dan minat yang kuat ketika bekerja terkadang bisa membuat seseorang lupa waktu. Termasuk lupa untuk menyeimbangkan hidupnya dengan pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi asupan bergizi, tidur cukup, dan olahraga teratur.

Namun, rupanya tiga hal tadi saja tak cukup untuk menunjang stamina agar tetap fit selama beraktivitas. Tak heran jika kemudian tubuh masih mudah merasa lelah.

Guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga tubuh agar tidak mudah lelah maka diperlukan suplemen dengan kombinasi Vitamin C, Vitamin B Complex, serta Mineral (Zinc).

Terkait rasa lelah tadi, Zinc memegang peran penting. Saat seseorang beraktivitas maka perombakan energi menghasilkan asam laktat. Jika jumlahnya makin banyak, energi pun makin berkurang. Itu sebabnya tubuh terasa lemas dan capek.

“Namun, jika tubuh mendapat nutrisi berupa Zinc maka asam laktat tadi bisa cepat dikeluarkan sehingga rasa lelah langsung teratasi dan tubuh tetap berenergi,” kata Dr. Michael Reo, Sr. Medical Manager Darya-Varia dalam acara Celebrating 40th Darya-Varia Laboratoria Innovation Actively Beautiful di Lotte Shopping Avenue baru-baru ini.

Sayangnya, Zinc yang terkandung dalam buah, sayur, daging yang rutin dikonsumsi sehari-hari ternyata hanya bisa diserap sedikit oleh tubuh.

Baca: Mudah Lelah? Hindari 5 Jenis Makanan Nikmat Ini!

“Zinc adalah mineral yang tidak stabil dan hanya bisa diserap sedikit di tubuh. Acuan kebutuhan Zinc jika merujuk angka kecukupan gizi (AKG) adalah 8-11 miligram per hari. Maksimal 50 miligram per hari.”

Sedemikian besar manfaat Zinc maka jenis mineral ini lazim terdapat pada multivitamin. Pengaruhnya pun langsung terasa karena, “Kandungan Zinc dalam multivitamin sangat efektif mengatasi fatigue. Bedanya kalau bangun atau istirahat kondisi fatigue belum selesai karena ada korelasi dengan stres faktor. Sedangkan kalau seseorang lelah, ketika bangun tubuhnya segar lagi.”

Baca: 5 Langkah Melawan Sindrom Kelelahan Kronis

Fatigue adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi kelelahan pada seseorang yang ditandai dengan gejala mengantuk, lelah, lemas, jenuh, dan lain-lain. Keadaan fatigue mencakup aspek fisiologis dan aspek psikologis.

Lalu adakah tanda-tanda yang bisa dikenali pada tubuh sehingga perlu asupan multivamin?

1. Gampang Lelah

Normalnya, seseorang bekerja 8-9 jam sehari tanpa keluhan. Jika tubuh tak mendapat nutrisi yang cukup, maka sebelum waktu tersebut sudah merasa lelah.

2. Cepat Marah

Orang cenderung cepat marah saat merasa lelah. “Ketika energi berkurang, gantinya adalah produksi hormon kortisol yang akan naik alias stressor faktor. Itulah kenapa orang jadi gampang marah," kata Dr. Michael.

3. Tak bersemangat

Pernah kah Anda membandingkan, mengapa dulu begitu mudah diajak hang out usai bekerja tapi kini rasanya tak sanggup karena sudah merasa lelah duluan? Inilah tanda energi Anda sudah berkurang dan perlu asupan multivitamin.

Baca: Trik Make-up untuk Mencerahkan Mata Lelah

Dan yang perlu diingat, beda usia beda pula kebutuhan multivitamin untuk tubuh setiap orang.

“Untuk mereka yang berusia 30 tahun tubuh tentu memerlukan multivitamin. Tapi, jangan asal memilih. Pastikan ada kandungan berupa vitamin B complex, Zinc, non acydic yang tak membuat asam lambung naik jika dikonsumsi penderita maag,” ujar Brand Manager Enervon Active Firman Dwi Rachmawan ketika ditemui di tempat yang sama.

Firman menambahkan, “Gabungan kandungan tadi bekerja agar tubuh tak mudah lelah. Namun, ada baiknya mengonsumsi multivitamin sesuai kebutuhan dan angka kecukupan gizi tubuh. Misalnya, jenis multivitamin saat tubuh drop atau saat sedang banyak kegiatan untuk menunjang stamina tetap fit,” tutupnya.

Penulis : Ade Ryani HMK

Soulful Writer at Tabloid NOVA since 2010.