Kebiasaan Mengetik di Komputer Kurangi Kemampuan Kerja Otak, Lo!

Editor: Ridho Nugroho / tabloidnova.com
Jumat, 30 Oktober 2015
Foto : Huffingtonpost
Kebiasaan Mengetik di Komputer Kurangi Kemampuan Kerja Otak, Lo!

Walaupun lebih lambat  dan kurang efektif dibandingkan mengetik, menulis dengan tangan ternyata lebih banyak manfaatnya. Apa sajakah manfaat menulis tangan tersebut?

Dalam acara media briefing Festival Bohong Indonesia di Hongkong Café, Rabu (28/10), Deborah Dewi, pakar grafologi mengatakan bahwa manfaat menulis tangan atau tulisan sambung mengaktifkan otak bagian belajar, berpikir, dan bekerja.

Baca: Deteksi Kebohongan Seseorang Lewat Grafologi dan Human Lie Detector

Ternyata, pada orang dewasa, mengetik bisa mengurangi kemampuan untuk mengolah informasi baru, sebaliknya, menulis dengan tulisan sambung membantu melatih otak untuk mengolah dan mengintegrasikan informasi visual dan sentuhan.

Secara umum, manfaat menulis dengan tangan untuk mempertajam ingatan, meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif juga mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan. Manfaat itu kurang lebih sama dengan manfaat yang didapatkan otak dari mempelajari alat musik.

Baca: Sylvia Pangestu: Grafologi Bukan Pseudo Science

Dua psikolog dari University of California juga menemukan bahwa anak-anak bisa belajar lebih baik saat mencatat pelajaran dengan cara menulis dibandingkan dengan mengetik. Beberapa penelitian juga menemukan ketika anak-anak menulis cerita dengan tangan, mereka akan menulis lebih banyak kata dan juga mengeluarkan lebih banyak ide. Menulis dengan tangan juga mengembangkan keterampilan motorik halus anak.

Agra Winona/intisari-online.com
Sumber: Mashable & NYTimes

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.