Senam Kegel Mengencangkan Vagina dan Tingkatkan Performa Seks, Ini Alasannya

Editor: Ade Ryani HMK / tabloidnova.com
Rabu, 4 Januari 2017
Foto :
Senam kegel dianggap ampuh mengencangkan vagina dan tingkatkan performa seks

Ada beragam pendapat yang beredar tentang kaitan antara seks dan olahraga. Apa dan bagaimana faktanya? Yuk, simak penjelasan berikut.

Senam kegel dapat “menyempitkan” daerah intim wanita

Menurut Dr. dr. I Putu Gede Kayika Sp.OG(K), spesialis Obgyn sekaligus seksolog, pada wanita terutama yang sudah beberapa kali hamil dan melahirkan, otot-otot panggul dapat melemah.

Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan untuk mengendalikan kemih bahkan buang air besar, terasa tidak nyaman di bagian rahim dan kantong kemih serta usus. Bahkan, terkadang dapat mengganggu aktivitas seks. 

Karena itulah, disarankan untuk melakukan senam kegel yang diyakini dapat memperkuat otot-otot panggul. Perlu kita tahu, otot dasar panggul adalah otot yang ada di tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan dan menahan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus.

Pun, senam kegel ini dapat menjaga kelenturan dan “menyempitkan” daerah intim bahkan berguna mencegah disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada pria.

Adapun cara melakukan kegel adalah mengontraksikan otot dasar panggul seperti menahan pipis sekitar 3-5 hitungan/detik, kemudian relaks. Ulangi hal tersebut sekitar 10 kali dalam satu set, dan lakukan 3 set dalam sehari. Mudah sekali dilakukan dan dapat dilakukan dimana saja.

Baca: 12 Resolusi Ini Dijamin Bikin Hubungan Suami-Istri Makin Mesra

Berlatih yoga secara rutin dapat meningkatkan performa seks

Ya, latihan yoga yang dilakukan secara rutin disinyalir dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan seksual.

Yoga tidak semata-mata meningkatkan kesehatan fisik dan mental, yaitu di antaranya menguatkan dan menambah fleksibilitas otot tubuh bagian luar serta membantu meredakan stres. Akan tetapi juga yoga dapat meningkatkan energi seksual dan libido.

Terkait hal ini, Journal of Sexual Medicine menyebutkan bahwa salah satu penyebab pasangan kurang dapat menikmati hubungan intim adalah karena mereka tidak dapat fokus.

Alhasil, seks terasa membosankan dan sekadar menjalankan rutinitas. Nah, yoga dapat menjadi solusi karena saat latihan Anda dituntut untuk fokus pada pernapasan dan gerakan. Kedua hal ini sangat penting kaitannya dalam hubungan seks.

Seperti kita tahu, seks tidak semata-mata hubungan fisik dan kekuatan fisik, namun juga melibatkan rasa serta pikiran. Permasalahan ejakulasi dini, misalnya, boleh jadi disebabkan asupan oksigen yang kurang di sekitar organ seks. Nah, yoga melatih pernapasan agar tubuh mendapat rbanyak asupan oksigen, termasuk ke area seputar organ seksual. 

Dalam latihan yoga, ada berbagai pose yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot di area panggul sehingga meningkatkan performa atau fungsi seksual secara keseluruhan.

Baca: Mau Tahu Karakter Pasangan yang Menyukai Posisi 'Woman on Top' Saat Seks?

Seks dapat membakar kalori seperti berolahraga.

Olahraga memiliki manfaat yang banyak sekali bagi tubuh. Selain untuk menyehatkan tubuh, olahraga pun bisa membuat kualitas seks menjadi lebih baik.

Ya, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa hubungan intim seperti olahraga yang juga bisa membakar kalori dalam tubuh. Banyak yang bilang, melakukan hubungan seks sama capeknya dengan olahraga.

Hubungan seks memang efektif membakar kalori. Konon, melakukan hubungan seks selama 30 menit mampu membakar 85 kalori. Ini setara dengan berjalan kaki lebih kurang 2 mil. Pasangan yang melakukan variasi gerakan atau posisi seks dapat membuang sekitar 100 kalori yang notabene sama dengan latihan yoga.

Hilman Hilmansyah/Tabloid NOVA

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.