PIl KB Habis, Haid Berhenti

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Minggu, 1 Agustus 2010
Foto :

Dok, saya (34) mempunyai 2 anak. Sudah sekitar 8 tahun menggunakan pil KB Microginon. Haid saya lancar, tapi terakhir ini ada masalah. Saat pil habis biasanya haid datang. Tapi sekarang kalau pil habis darah haid tak keluar. Hal ini berlangsung selama 2 bulan. Hasil pemeriksaan dokter tak ada gejala atau tanda-tanda saya hamil. Apa masalah yang saya hadapi ini? Apakah ada masalah dengan kandungan saya? Apakah itu pengaruh obat atau pil KB? Mohon saran dan jawaban Dokter. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Nilawani ­- Medan

Ibu Nilawani, apakah selama 8 tahun ini terus-menerus memakai pil KB? Ataukah pernah beristirahat? Atau ada yang lupa diminum atau minum dua tablet sekaligus? Bila semua hasil pemeriksaan dokter dikatakan normal, mungkin Ibu perlu berhenti sementara dari berKB pil, bisa diganti dengan spiral. Bila haidnya masih belum teratur, mungkin perlu pemeriksaan USG transvaginal untuk melihat hubungan antara ketebalan selaput lendir rahim dan perkembangan sel telur, serta pemeriksaan analisis hormon kesuburan.

Faktor psikologis dan kelelahan yang berlebihan dapat juga menimbulkan gangguan haid dan hal ini sering tidak disadari. Bila memang ada, cobalah hidup lebih santai. Bila sulit mengatasinya, dapat berkonsultasi dengan psikolog. Di Medan, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter di Divisi Endokrinologi Reproduksi di Bagian Kebidanan dan Kandungan FK USU/RS Adam Malik. Selamat berkonsultasi dan terima kasih atas pertanyaannya.

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.