Lipsus Demam Pada Bayi

Awasi Gejala Meningitis: Demam Tinggi dan Leher Kaku

Seseorang yang terinfeksi akan mengalami gejala meningitis seperti demam tinggi, leher kaku, mual, dan muntah.

Untuk Demam, Selalu Kompres dengan Air Hangat

Banyak orang salah menangani demam dan mengompres dahi dengan kompres air dingin.

Yang Perlu Dilakukan Saat Bayi Demam

Bayi Anda belum memenuhi syarat demam bila suhunya di bawah 38 derajat Celcius. Namun untuk memastikan bahwa demam pada bayi tidak menimbulkan masalah yang lebih serius, ini yang perlu Anda lakukan.

Si Kecil Demam Hingga Kejang?

Cepat tanggaplah jika buah hati terkena demam, apalagi jika demam terlihat meningkat tinggi ketika menjelang malam selama lebih dari satu minggu yang diikuti dengan keluhan di saluran cerna. Ciri-cirinya adalah saat Si Kecil mengalami penurunan nafsu makan, merasa mual-mual, muntah, diare, sulit buang air besar, disertai dengan sakit perut yang hebat.

Agar Si Kecil Tetap Tenang Saat Demam

Demam umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus atau akibat paparan panas yang berlebihan. Saat demam, biasanya anak akan merasa tidak nyaman, sehingga seringkali mereka jadi rewel atau selalu ingin digendong. Simak tips berikut ini agar anak tetap merasa nyaman kala demam melanda.

Mitos dan Fakta Seputar Demam Anak

Ketika anak demam, tak jarang orangtua justru salah mengambil tindakan karena tidak tahu bagaimana harus bersikap. Ini tak lepas dari mitos yang masih dipercaya orangtua soal demam. Agar tak salah langkah, cermati lebih dulu mitos dan fakta berikut ini.

Tips Atasi Demam Pada Anak

Sedih melihat anak sedang menderita demam dan kadang-kadang juga mengkhawatirkan. Melihat anak tergolek lemah dan hilang keceriaan sudah barang tentu memuat setiap orangtua tak tega. Namun ingat, demam adalah sebuah kasus yang kerap terjadi pada anak.

Obat Tradisional Pengusir Demam

Sebagai langkah pertolongan pertama, obat tradisional dapat diandalkan untuk mengatasi demam.

10 Tanya Jawab Seputar Demam

Ada beberapa fakta tentang demam yang sudah diketahui orang tua, tapi tak sedikit mitos salah kaprah yang masih begitu diyakini. Anda mau tahu penjelasan sebenarnya? Simaklah keterangan dr. Rudy Firmansjah, Sp.A dari RSAB Harapan Kita, Jakarta.

Kejang Tanpa Demam

Menurut dr. Merry C. Siboro, Sp.A, kejang adalah kontraksi otot yang berlebihan di luar kehendak. "Kejang-kejang kemungkinan bisa terjadi bila suhu badan bayi atau anak terlalu tinggi atau bisa juga tanpa disertai demam."

Takut Kejang Demam

Dokter Najib, saat ini saya hamil anak pertama 8 bulan. Dalam riwayat kesehatan saya dan suami, kami berdua saat balita sangat sering demam tinggi sampai kejang (orangtua sering bilang step). Ibu saya saat balita juga sering mengalami kejang demam. Menurut beliau, hal seperti itu tampaknya menurun. Keadaan ini membuat saya khawatir.

Pertolongan Pertama Bila Bayi Demam

Saat bayi demam, mungkin Anda berpikir: Mengompres saja belum tentu cukup lalu apa lagi? Simak bagaimana pertolongan pertama untuk bayi demam.

Load More