Dermatovenerologist Ungkap 9 Faktor Penyebab Kulit Anda Cepat Keriput

Editor: Ridho Nugroho / tabloidnova.com
Selasa, 10 Januari 2017
Foto : istockphoto
Dermatovenerologist Ungkap 9 Faktor Penyebab Kulit Cepat Keriput

Siapa yang ingin cepat menua? Jawabannya pastilah tidak ada. Tapi, mau tidak mau degenerasi usia akan memicu segala macam perubahan mulai dari lonjakan hormon, bentuk tubuh hingga penampilan kulit yang tidak mungkin bisa ditolak kemunculannya.

Dengan alasan itu pula mengapa banyak orang terutama perempuan mencari cara meminimalisasi bahkan mengatasi penuaan kulit sedini mungkin.

Baca: 4 Hal ‘Konyol’ Penyebab Keriput Datang di Usia Muda

Sayangnya, hal tersebut kerap dilakukan terlambat karena mencegah penuaan kulit bukan berarti hanya melakukannya ketika Anda sudah mengalami kondisi tersebut sekarang, tapi sedari dulu. Setidaknya ini yang dikatakan oleh dermatovenerologist, Kardiana Purnama Dewi, pada tabloidnova.com di acara peluncuran Jeunesse Global Instantly Ageless di Hotel Pullman, Jakarta, pada Selasa (10/1).

Baca: Manfaat Nyata Sel Punca Untuk Wajah Awet Muda Bebas Keriput

“Banyak orang justru mengabaikan hal yang dianggap sepele tapi besar dampaknya bagi proses penuaan kulit. Padahal, setiap faktor menentukan perubahan kondisi penuaan kulit secara permanen yang akan dirasakan nantinya,” ujar dokter Kardiana Purnama Dewi di acara media gathering Jeunesse.

Secara lebih lanjut, Kardiana juga mengungkapkan 9 faktor penyebab kulit cepat keriput. Diantaranya proses penuaan alami, sinar matahari, gaya hidup yang buruk, pola diet yang keliru, polusi, stres, gravitasi, kondisi cuaca dan herediter atau keturunan.

acara peluncuran Jeunesse Global Instantly Ageless di Hotel Pullman, Jakarta, pada Selasa (10/1).
acara peluncuran Jeunesse Global Instantly Ageless di Hotel Pullman, Jakarta, pada Selasa (10/1).

Baca: Cermat Memilih Kosmetik untuk Kulit Wajah Keriput

“Sembilan faktor penuaan kulit ini hampir selalu ada di sekeliling kita. Makanya penting untuk mewaspadainya, sebut saja sinar matahari yang lebih berbahaya ialah radiasi sinar ultraviolet mulai dari UVA, UVB dan UVC, khususnya sinar UVA yang berpengaruh besar terhadap garis kerutan kulit,” tambahnya.

Baca: Raih Penjualan Global 1 Miliar Dolar Amerika, Jeunesse Resmi Hadir di Indonesia

Soal faktor kondisi cuaca dan gaya hidup yang buruk. Ia pun menuturkan jika perubahan cuaca apalagi di iklim tropis yang sering berubah dan cenderung ekstrem membuat kulit mudah kering dan kusam. Faktor pemicu lainnya ialah alkohol, rokok, istirahat tidur malam yang tidak cukup dan lainnya.

“Tanda kulit menua bisa dilihat dari munculnya bintil atau benjolan, kulit mengendur dan terasa tipis, kulit mudah memar, kulit lebih kering dan kusam. Itulah mengapa Anda memerlukan perawatan kulit yang sesuai kebutuhan kullit serta jenis kulit Anda,” tutup Kardiana.

Penulis : Ridho Nugroho

Fashion Stylist and Feature Writer at HAI Magazine (2009-2012), Fashion Stylist and Beauty Writer at Tabloid Nova (2013-2014), Digital Content Specialist at Tabloid Nova (2015-until now).