Menyandang Disabilitas, Perempuan Cantik ini Jadi Model di Pekan Mode Dunia

Editor: Ridho Nugroho / tabloidnova.com
Kamis, 3 September 2015
Foto : Dailymail
Menyandang Disabilitas, Perempuan Cantik ini Jadi Model di Pekan Mode Dunia

Meski berada di kursi roda, keadaan ini tak menghalangi Alexandra Kutas (21) untuk menjadi seorang yang melenggang di atas panggung pergelaran busana. Kutas yang berasal dari Kiev, Ukraina, baru saja tampil sebagai model di ajang Ukraine Fashion Week.

Dengan tampil dalam acara fashion bergengsi, gadis berambut coklat ini berharap dapat membuka pintu peluang untuk dirinya maupun perempuan yang kondisinya sama untuk menjajaki industri fashion dunia. Perempuan penyandang disabilitas tampil sebagai model di catwalk ini telah mengalami lumpuh sedari lahir.

"Aku pertama kali tertarik menjadi model saat berusia 16 tahun. Suatu hari aku bertemu dengan fotografer saat aku berada di sebuah cafe. Ia mengundangku untuk sebuah pemotretan. Dari situ aku sangat terinspirasi dan menyadari bahwa dunia modeling adalah salah satu hal yang ingin kulakukan," ujar Kutas.

Baca: Modisnya Gaya Syahrini saat Berada di Jet Pribadi dan Airport, Bikin Sirik!

Dari penampilannya sebagai model ia juga berharap agar pandangan industri fashion kepada para pengguna kursi roda menjadi lebih baik. Setidaknya, pengalaman yang ia telah rasakan dapat diingat oleh dunia bahwa penyandang disabilitas bisa juga tampil sebagai model dan berkontribusi di industri mode.

Menyandang Disabilitas, Perempuan Cantik ini Jadi Model di Pekan Mode Dunia
Menyandang Disabilitas, Perempuan Cantik ini Jadi Model di Pekan Mode Dunia

"Karena aku mengalami kecelakaan saat lahir maka aku tak pernah dapat berjalan dan selalu berada di atas kursi roda. Namun aku harap Ukraine Fashion Week dapat memberi kesempatan bagiku untuk bertemu desainer ternama yang menjadi idola sekaligus menyuarakan konsep ide kreatif yang aku punya," harap Kutas.

Ia berkata bahwa dirinya memang memiliki segudang konsep ide dengan mempekerjakan model disabilitas. Kutas juga sudah memikirkan beragam ide agar para penyandang disabilitas punya kesempatan berkarier serta dapat tampil terlihat luar biasa.

Baca: Cantiknya Koleksi Baju Kembaran Aurel Hermansyah dengan Ashanty

"Ukraina tak terlalu memberi akses kepada para pengguna kursi roda. Aku berpikir dengan peluang diriku menjadi model, paling tidak dapat membukakan peluang pada orang lain yang mengalami kondisi sama denganku. Aku sedang berusaha menghubungi para fotografer untuk menjalin kerja sama dan membuat sebuah karya seni. Biasanya mereka tertarik karena hal ini akan melahirkan suatu invoasi yang berbeda," ceritanya.

Meski Kutas mencoba berbagai peluang, ia mengatakan masih banyak agensi modeling yang menolak akibat kondisi disabilitasnya. "Suatu hari aku akan membuat hal ini menjadi nyata dan bahkan bisa memberi inspirasi pada orang lain. Tak ada yang dapat menghalangi jalanku," ujar Kutas optimis.

Silvita Agmasari/KompasFemale
Sumber: Dailymail

Penulis : Ridho Nugroho

Fashion Stylist and Feature Writer at HAI Magazine (2009-2012), Fashion Stylist and Beauty Writer at Tabloid Nova (2013-2014), Digital Content Specialist at Tabloid Nova (2015-until now).