Indari Mastuti: Semua Ibu Rumah Tangga Bisa Menulis (2)

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Jumat, 22 April 2011
Foto :

Bagaimana mengkoordinasikan penulis sebanyak itu?

Penulis-penulis yang ada di dalam Indscript tidak semuanya dari Bandung, lho. Bahkan ada yang berdomisili di Jerman, Korea, dan Australia. Setiap saat saya harus online agar lebih mudah memantau. Saya juga sering melakukan pelatihan penulisan secara online, seperti yang baru saja diminta oleh ibu-ibu yang berdomisili di Korea.

Hingga kini, saya sudah membuat kursus menulis offline sebanyak empat gelombang, dan kursus menulis online sebanyak sembilan gelombang.

Lalu, cara menyeimbangkan peran sebagai ibu rumah tangga dengan kegiatan Indscript?

Karena kebanyakan penulis di Indscript adalah sesama ibu-ibu rumah tangga, maka suasana di Indscript sangat kekeluargaan. Rutinitas saya sebagai seorang ibu sama sekali tidak terganggu, bahkan banyak penerbit sudah memahami itu. Kalau ada meeting dengan penerbit, saya kadang mengajak anak juga.

Ada cerita menarik ketika mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk rajin menulis?

Kebetulan ini terjadi pada mertua saya. Beliau memiliki pengalaman berbisnis catering dan pintar memasak. Akhirnya saya ajak beliau menulis buku resep.

Hingga sekarang beliau sudah menghasilkan lebih dari 30 buku resep, lho. Ini membuktikan, semua ibu rumah tangga pasti bisa menulis. Tergantung latar pendidikan dan ketertarikannya, semua pasti bisa.

Buku apa yang paling banyak diterbitkan Indscript?

Semua buku ada. Saat ini banyak permintaan buku mengenai arsitektur, tetapi buku bisnis dan buku panduan memang lebih banyak diterbitkan. Tergantung permintaan penerbit juga, sih.

Potensi bisnis agensi seperti ini bagaimana ke depannya?

Mulai 2010 lalu sudah banyak bermunculan konsep usaha serupa. Bahkan banyak juga karyawan yang sempat bekerja di Indscript resign lalu membuat usaha yang sama. Ini bukti bahwa usaha ini sangat potensial. Dunia penulisan juga terus berkembang dan industri kreatif akan semakin maju.

Selanjutnya, apa lagi yang ingin dicapai?

Ingin membuat Indscript lebih maju tanpa harus meninggalkan tujuan awalnya. Saya tidak ingin hanya memikirkan bisnis semata. Tujuan awal saya bekerja di rumah, kan, agar bisa melayani keluarga. Menjadi Ibu tetap jadi pilihan nomor satu buat saya.

Apa saja tips untuk jadi penulis yang baik?

Menjadi penulis itu memang tidak gampang. Dibutuhkan komitmen yang besar, karena selain harus intens terus menulis, juga harus konsisten. Konsisten dalam arti, naskah harus selesai dan tidak terbengkalai.

Penulis juga harus sabar, lho, terlebih pada saat proses pengeditan. Yang penting, tulislah apa yang disukai dan pastikan Anda menguasai materinya, sehingga akan lebih mudah menuangkannya dalam bentuk tulisan.

 Swita Amallia Hapsari

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.