"Om Telolet Om" Mendunia, Ini Penyebabnya

Editor: Uda Deddy Adrian / tabloidnova.com
Kamis, 22 Desember 2016
Foto : Syahrul Munir
Anak-anak menantikan bus yang membunyikan klakson telolet untuk direkam dan diunggah ke media sosial

Mendadak jadi topik populer dunia. Salah satunya melalui media sosial twitter, karena dicuitkan oleh DJ-DJ terkenal.

Tapi dari mana klakson telolet bermula? Jika membuka media sosial saat ini, linimasa mungkin akan dipenuhi dengan guyonan lucu 'om telolet om'. Sebagian mulai mengeluh 'Aduh apa sih!' tapi sebagian lagi ikut dalam keriangannya.

Tak ada yang bisa lepas dari jeratan 'om tolelot om', bahkan Donald Trump, presiden terpilih Amerika Serikat tak lepas dari serbuan orang-orang yang memintanya membunyikan klakson bus.

"Om telolet om," riuh media sosial yang 'nyampah' di kolom komentar Donald Trump.
line

'Om telolet om' adalah sebuah teriakan yang biasa diucapkan oleh anak-anak di pinggir jalan ketika sebuah bus melintas dengan harapan sopir akan membunyikan klakson yang unik. "Telolet telolet," begitu bunyinya.

Ada yang mengatakan mendadak jadi populer pada Selasa (20/12) malam setelah berbagai DJ terkenal mencuitkannya.

Tapi sebelum itu, video-video lucu memperlihatkan orang-orang meminta 'telolet' ke supir bus yang sudah lebih dulu viral di Facebook.

Baca juga: Buru Suara "Telolet" Bus, Anak-anak Padati Terminal dengan Smartphone di Tangan

Tampaknya ada tren 'telolet challenge' dan 'demam telolet' yang sudah beberapa pekan menggerilya dari satu akun ke akun lain.

Dalam video-video yang memancing tawa itu, terlihat ekspresi kegembiraan tersendiri ketika Anda berhasil meminta supir membunyikan klakson dengan lambaian tangan dan teriakan, "Om telolet ommmmmm!" beramai-ramai.

Fakta dari suara klakson bus yang berbunyi Telolet tersebut sebenarnya sudah ada sejak enam tahun yang lalu. Lalu pertama kali ada di Jawa Timur dan diikuti beberapa daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Para pemburu Telolet yang kebanyakan anak-anak remaja selalu mengajungkan jempolnya sembari berkata 'Om Telolet Om', dengan harapan pengemudi bis mau membunyikan klakson teloletnya.

Fakta selanjutnya, lomba klakson telolet pernah dilombakan di Sun City Mall, Madiun, Jawa Timur.

Pemburu klakson telolet bahkan hingga nekat masuk ke jalan tol, seperti yang pernah terjadi di jalan tol Gayamsari, Semarang.

Fakta yang terakhir, pemburu klakson dilarang menyalakan flash kamera, agar tidak mengganggu pengemudi bis yang sedang melaju.

Malvyandie Haryadi  / Tribunnews

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.