9 Barang yang Harus Dibawa Saat Liburan dengan Balita

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Sabtu, 7 Mei 2016
Foto : ISTOCK
Ini barang yang harus dibawa saat liburan

Dulu ketika Si Kecil baru lahir, pernah kah Anda merasa tak sabar untuk bisa berjalan-jalan dengannya? Entah berpergian di dalam atau luar negeri. Nah, jika usianya sudah di atas 2 tahun dan Anda mulai berani membawanya berpergian jauh.

Tapi, ada barang yang harus dibawa saat liburan dengan balita. Siapkan dari sekarang, jangan lupa siapkan barang bawaan berikut.

1. Tas atau koper?

Mungkin yang terbayang adalah bagaimana cara agar tak terlalu banyak bawaan? Tentu Anda tak mau dianggap seperti pulang kampung padahal hanya berlibur 2-3 hari ke luar kota. Nah, pertama tentukan dulu mau bawa tas atau koper atau justru keduanya. Misalnya, satu koper besar berisi keperluan Anda dan suami, dan sebagian diisi barang-barang anak.

Lalu satu tas ransel untuk diisi kebutuhan si kecil seperti susu, makanan, mainan, baju ganti, tisue basah yang digunakan selama di perjalanan. Untuk barang berharga, Anda dan suami juga bisa membawa tas kecil selempang yang praktis.

2. Stroller atau carrier

Membawa gendongan atau carrier memang lebih praktis. Apalagi jika usia dan bobot tubuh si anak masih tak seberapa berat. Namun, jika perjalanan Anda terbilang jauh atau mengunjungi banyak lokasi dengan transportasi seperti mrt, pilihan membawa Stroller bisa dipertimbangkan.

Pastikan saja Stroller tersebut nyaman untuk posisi duduk dan tidur, mudah dilipat, tidak makan tempat, dan fungsi roda maupun remnya maksimal. Tak punya Stroller? Tenang, Anda bisa kok sewa mingguan hingga bulanan. Cari di internet tempat penyewaan yang terpercaya dan dekat dengan tempat tinggal Anda.

BACA: Mengajarkan Makna Liburan Kepada Anak

3. Baju berapa banyak?

Selain pampers (jika masih pakai pampers) hitung hari Anda berlibur kemudian kalikan 3 pasang baju yang akan dibawa untuk si kecil. Selain baju ganti yang nyaman saat cuaca terik, tak ada yang tahu jika tiba-tiba Si Kecil menumpahkan minuman ke bajunya atau turun hujan tiba-tiba, bukan?

Jangan lupa juga bawa cadangan singlet, kaos kaki, serbet/lap, dan kantong plastik. Di luar itu, tentu saja Anda pun harus menyiapkan baju tidur yang nyaman. Kalau mau praktis bawa saja 1 celana tidur, atasannya bisa diganti jika anak mudah berkeringat saat terlelap.

4. Alat makan dan minum 

Tak semua tempat makan menyediakan sendok kecil atau piring plastik. Si Kecil semangat ingin makan sendiri? Yuk, siapkan sendok plastik, gelas, dan piring favoritnya. Lebih higienis juga, kan.

5. Mainan dan camilan

Supaya anteng, pastikan mainan kesayangan dan camilan kesukaan anak dibawa dalam tas yang ditenteng, bukan koper. Minta anak memilih mainan apa yang ia mau bawa. Perhatikan juga agar tak memakan tempat di tas.

BACA: 8 Ide Liburan Keluarga di Jakarta dan Sekitarnya

6. Sepatu atau sandal?

Terkadang, ada beberapa anak yang sudah bisa memilih Sepatu yang ia suka untuk dikenakan. Ikuti saja kemauannya. Tapi, siapkan juga sandal untuk kenyamanannya.

7. Alat mandi

Bawalah sabun, shampo, sikat gigi, odol dalam kemasan kecil. Berikut minyak Telon atau lotion anti nyamuk untuk berjaga-jaga. Oh ya, jika berlibur di pantai atau cuaca terlihat terik, oleskan sunblock khusus anak ya tipis-tipis di wajah, tangan, dan kakinya.

8. Topi

Sangat berguna untuk menghalau panas.

9. Tumbler

Asyik jalan-jalan jangan sampai lupa minum atau justru kehausan.
 

Ade Ryani HMK

Penulis : Ade Ryani HMK

Soulful Writer at Tabloid NOVA since 2010.

Populer