Cara Tepat Membekukan Sayuran

Editor: Annelis Brilian / tabloidnova.com
Jumat, 11 Maret 2016
Foto : ISTOCK
Membekukan sayuran yang benar

Pada dasarnya menyimpan makanan dengan cara dibekukan merupakan salah satu cara di antara berbagai cara untuk mengawetkan makanan.  Inti dari mengawetkan makanan sendiri adalah untuk mempertahankan masa simpan makanan agar layak dikonsumsi dan untuk mempertahankan mutu makanan dari kerusakan. 

Untuk membekukan sayuran, perlu cara khusus yaitu dengan metode blanching atau dengan cara mencelup sayuran ke dalam suhu panas sesuai waktu yang dibutuhkan.

BACA: Seputar Membekukan Makanan, Agar Awet tapi Tetap Bergizi

Blanching bertujuan menghentikan aktivitas enzim pada sayuran dan membunuh mikroorganisme yang ada di permukaan sayuran. Namun, blanching jangan dilakukan berlebihan karena membuat sayuran terlalu matang, warna berubah, dan nutrisinya berkurang.

Metode blanching terdapat dua macam cara, yaitu blanching dan steam blanching. Blanching adalah cara yang paling mudah, kita tinggal mencelupkan sayuran ke dalam air panas. Perbandingan antara air dan sayuran adalah 4:1. Masukkan sayuran ke dalam keranjang atau peniris saat mencelupkan sayuran, biarkan air tetap mendidih selama proses blanching.

BACA: Cara Membekukan Daging yang Benar Agar Tidak Busuk

Steam blanching adalah dengan cara pengukusan.  Metode ini membutuhkan waktu relatif lama dibandingkan dengan blanching. Jangan mengisi air kukusan terlalu penuh, beri jarak saringan pengukus kurang lebih 5-6 cm.

Namun, tidak semua sayuran dapat dibekukan dengan sempurna misalnya sayuran dengan kadar air yang cukup tinggi seperti selada hasilnya akan kurang baik saat dicairkan (thawing).

Dahrani Putri

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.