Inilah 10 Alat Masak Wajib Punya di Dapur

Editor: Ridho Nugroho / tabloidnova.com
Rabu, 18 November 2015
Foto : Slufwork
Inilah 10 Alat Masak Wajib Punya di Dapur

Banyaknya bentuk dan jenis alat masak membuat Anda harus cermat memilih. Jika salah pilih, proses pengolahan makanan serta hasil masakan pun menjadi tidak maksimal. Nah, sebelum Anda keburu membeli semua perlengkapan masak tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan dapur sehari-hari, ada baiknya melihat daftar 10 alat masak wajib punya di dapur.

Panci
Punya panci bagus tidak ada ruginya. Panci bisa digunakan untuk membuat berbagai macam saus, merebus bahan makanan, dan membuat kaldu. Pilih panci dengan bahan material yang baik dan cukup tebal.

Jika terlalu tipis maka masakan akan cepat gosong namun bahan makanan belum matang. Jika material panci terlalu berat dan tebal Anda akan kesulitan untuk menggunakannya. Panci yang Anda butuhkan panci yang bisa menyebarkan panas secara merata dan mudah memegangnya. Panci masuk dalam daftar 10 alat masak wajib punya di dapur.

Baca: Tips Memilih dan Menggunakan Panci Presto

Wajan
Wajan sering disebut penggorengan. Wajan merupakan peralatan memasak yang terbuat dari besi atau logam lainnya yang diletakkan di atas kompor atau tungku dan digunakan untuk wadah makanan saat memasak. Ini 10 alat masak wajib punya di dapur.

Wok
Bentuknya seperti wajan, namun memiliki gagang yang panjang pada salah satu sisinya.  Biasanya digunakan untuk membuat masakan dengan waktu yang singkat, seperti tumisan, nasi goreng, mi goreng, dan lain-lain.

Baca: Ini Dia, 5 Peralatan Dapur Favorit di Indonesia

Pan
Kini pan tersedia dengan banyak bentuk dan ukuran. Fungsi utamanya untuk menggoreng dengan minyak sedikit, membuat omelet, pancake, dadar, dan memasak telur. Untuk menggoreng dengan minyak banyak dapat menggunakan frying pan dengan ukuran yang lebih besar dan tersedia langsung saringan. Biasanya pan dilapisi dengan bahan anti lengket karena pan digunakan untuk membuat masakan yang langsung dihidangkan dengan cantik, sehingga memudahkan saat membentuk makanan. Pan masuk dalam daftar 10 alat masak wajib punya di dapur.

Baca: Inilah Cara Menggunakan Panci Presto yang Benar

Grill Pan
Kini pan tersedia dengan banyak bentuk dan ukuran. Fungsi utamanya untuk menggoreng dengan minyak sedikit, membuat omelet, pancake, dadar, dan memasak telur. Untuk menggoreng dengan minyak banyak dapat menggunakan frying pan dengan ukuran yang lebih besar dan tersedia langsung saringan.
Biasanya pan dilapisi dengan bahan anti lengket karena pan digunakan untuk membuat masakan yang langsung dihidangkan dengan cantik, sehingga memudahkan saat membentuk makanan.

Panci Presto
Disebut juga panci tekan, karena memiliki tutup kedap udara yang pemakaiannya harus ditekan terlebih dulu. Terbuat dari bahan baja stainless anti karat, sangat praktis digunakan dan menghemat waktu. Biasa digunakan untuk memasak bahan makanan yang lama proses memasaknya, seperti daging, ayam, ketupat, dan lain-lain.

Baca: 6 Cara Bersihkan Alat Dapur

Pisau
Minimal Anda harus memiliki dua macam pisau di dapur. Satu pisau berukuran sedang yang biasanya digunakan untuk memotong, mencincang, mengupas bahan makanan dengan ukuran besar, seperti semangka, pepaya, dan lain-lain. Sedangkan pisau kecil dapat digunakan untuk mengupas bawang, mengupas buah, mem-fillet dan menguliti.

Talenan
Ada dua jenis talenan yang tersedia di pasaran, yaitu talenan yang terbuat dari kayu dan plastik. Dari sisi kesehatan talenan kayu lebih baik dari pada talenan plastik. Ini karena bakteri lebih sulit bertahan hidup dalam kayu. Permukaan kayu yang berpori menyerap kelembapan sayuran atau daging saat diletakkan
Untuk dipotong.

Baca: Merawat Alat Dapur Berbahan Alumunium

Talenan kayu ada dua macam, yang bergaris horizontal dan vertikal. Pilih talenan kayu yang seratnya vertikal. Karena, serat horisontal relatif tidak tahan terhadap mata pisau. Setiap kali bilah pisau mengenai kayu, maka serat akan meninggalkan guratan. Selain itu, jenis kayu ini cepat membuat tumpul mata pisau.

Sendok Kayu
Sendok kayu tidak mengantarkan panas sehingga aman dan nyaman saat digunakan memasak makanan. Kayu lembut di tangan dan aman digunakan pada peralatan masak anti lengket. Sedangkan, sendok logam bisa bereaksi dengan bahan-bahan asam sehingga mengubah rasa masakan Anda.

Kukusan
Berfungsi untuk mengukus masakan. Terbuat dari bahan alumunium. Panci steam ini biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu panci besar untuk menampung air, kemudian terdapat panci lain dengan ukuran berbeda dan berlubang di dasar dan pinggirannya, kemudian dilengkapi dengan tutup kaca.

Penulis : Ridho Nugroho

Fashion Stylist and Feature Writer at HAI Magazine (2009-2012), Fashion Stylist and Beauty Writer at Tabloid Nova (2013-2014), Digital Content Specialist at Tabloid Nova (2015-until now).