Lengkap! 5 Jenis Kentang dan Cara Mengolahnya

Editor: Ridho Nugroho / tabloidnova.com
Kamis, 13 Oktober 2016
Foto : ISTOCKPHOTO
Lengkap! 5 Jenis Kentang dan Cara Mengolahnya

Saat membuat kentang goreng di rumah, hasilnya bisa berbeda dengan kentang goreng yang Anda santap di restoran. Hal ini bisa terjadi karena jenis kentang yang digunakan berbeda.

Kentang memiliki beberapa macam varietas yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda, dengan hasil olahan makanan yang berbeda pula. Berikut macam-macam jenis kentang beserta cara mengolahnya.

Baca: Menguji Donat Kentang Gerai Mal dengan Kreasi Sendiri

Kentang Putih
Kentang putih adalah kentang yang kulit dan umbinya berwarna putih. Rasanya agak hambar, dan lekas hancur bila digoreng atau dimasak. Sebaiknya digunakan untuk membuat mash potato dan campuran pada cake dan kue, seperti kue lumpur, potato cake, dsb.  
 
Kentang Kuning
Kentang kuning adalah kentang yang memiliki kulit dan umbi berwarna kuning. Rasanya lebih enak daripada kentang putih, serta tidak mudah hancur bila digoreng atau dimasak. Harganya pun biasanya lebih mahal daripada kentang putih.
Teksturnya yang lebih padat membuat kentang kuning cocok untuk dibuat kentang goreng ala restoran, kroket, perkedel dan baked potato.  

Baca: Kentang Tumis Kornet

Kentang Merah
Kentang jenis ini memiliki kulit berwarna merah, akan tetapi umbinya berwarna kuning. Walaupun jenis kentang merah ini langka didapat, dataran tinggi Dieng adalah sebagai salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil kentang merah di Indonesia. Biasa kentang merah rebus digunakan untuk campuran salad.
 
Kentang Hijau
Kentang hijau adalah kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari. Warna kentang hijau berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. Untuk itu hindari mengkonsumsi jenis kentang ini, sebab kentang muda dan hijau mengakibatkan sakit kepala, sakit perut, dan buang-buang air. Kentang ini jarang digunakan untuk masakan, karena belum cukup matang untuk dikonsumsi.

Baca: Balado Kentang Teri

Kentang Hitam
Kentang hitam adalah kentang yang kulitnya berwarna ungu tua kehitaman, sedang umbinya berwarna krem pucat dengan lingkaran ungu. Bunga tanaman kentang hitam berwarna ungu. Kentang jenis ini sekarang banyak ditanam di kepulauan Shetland. Biasanya digunakan untuk campuran sayuran, seperti sup dan salad.

Dahrani Putri/TabloidNova

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.