Kisah Jana Parengkuan Siapkan Kue untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Rabu, 15 April 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Bagi sebagian besar orang, menyantap sepotong kue sangat menyenangkan. Namun bagi sebagian yang lain ternyata ada yang tak diperbolehkan menyantap sembarang kue atau cake tertentu, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes atau anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Dan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang tak bisa menyantap sembarang kue atau cake, model dan selebriti Jana Parengkuan yang belakangan ini juga kerap tampil memasak di banyak kesempatan, semakin melebarkan sayap bisnisnya di bidang kuliner dengan membuat aneka kue yang sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan anak-anak berkebutuhan khusus.

"Sudah sekitar 1-2 tahun ini saya memang khusus membuat kue yang aman bagi penderita diabetes yang agak sulit makan sembarang kue atau cake. Dan sekarang banyak orangtua yang minta ke saya untuk dibuatkan kue dan cake untuk anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus, alergi parah terhadap bahan makanan tertentu, dan autis, yang memang enggak bisa makan tepung atau gula biasa," papar Jana.

Biasanya, Jana akan mengusahakan untuk menguji coba membuatkan kue yang aman bagi anak-anak berkebutuhan khusus itu selama seminggu. Setelah jadi, hasilnya akan dicobakan terlebih dulu kepada si pemesan. "Kalau ternyata setelah dicoba kuenya aman dan anaknya suka, akan saya buatkan kuenya."

Menurut Jana, kebanyakan para orangtua ini memesan cake ulang tahun untuk anaknya. "Anak-anak, kan, suka banget pas ulang tahun ada cake yang bentuk atau gambarnya karakter yang sangat disukainya. Sementara untuk anak-anak berkebutuhan khusus, alergi, dan autis, enggak bisa sembarang makan cake. Kasihan, kan. Makanya saya berusaha untuk membuatkan cake yang aman dimakan oleh mereka agar mereka senang."

Sejumlah bahan untuk membuat kue atau cake, kata Jana, memang ada yang tak boleh diberikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus, autis, atau yang memiliki alergi tertentu. "Dampaknya bisa sangat membahayakan, lho. Jadi sama sekali enggak boleh sembarangan. Tapi sekarang sudah semakin banyak bahan kue yang memang khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus, tinggal cara meraciknya saja biar pas dan rasanya disuka anak-anak," papar Jana lagi.

Untuk memesan kue atau cake khusus ini kepada Jana, minimal harus seminggu sebelumnya. "Soalnya saya harus uji coba dulu bahan-bahannya. Kalau ternyata tubuh anaknya tetap tak bisa menerima walaupun bahan-bahan kuenya sudah diganti dengan yang paling aman, biasanya saya akan tolak pesanannya, dari pada nanti terjadi sesuatu yang tak diinginkan," papar Jana yang biasa memberikan resep dan bahan pengganti apa saja yang bisa diberikan orangtua kepada anak yang berkebutuhan khusus.

Dalam sebulan, kata Jana, pesanan kue atau cake untuk anak-anak berkebutuhan khusus, alergi dan autis ini semakin lama semakin bertambah. Menurutnya, ini terjadi kemungkinan besar karena sekarang ini kesadaran orangtua terhadap kesehatan anaknya semakin tinggi. Selain itu, dengan bantuan internet para orangtua semakin mudah mencari pembuat kue atau cake dengan bahan yang khusus dan sehat melalui media sosial, di antaranya Jana.

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.