Cara Memasak Rendang Hingga Menghangatkan

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Senin, 1 Juli 2013
Foto :

rendang

"Ilustrasi "

Bahan dan Bumbu

Gunakan daging yang ada sedikit uratnya, tujuannya supaya rendang tidak hancur saat dimasak. Jumlah santan untuk rendang, patokannya 1 kg daging diperlukan 3 butir kelapa parut. Oh ya pilih kelapa yang tua supaya kandungan santannya banyak.

Bumbu sebaiknya gunakan bumbu segar, supaya aroma rendangnya tercium harum. Dan untuk mengentalkan, gunakan kelapa sangrai  yang dihaluskan, biasanya dijual ditoko bumbu giling. Kelapa sangrai ini dimasukkan saat terakhir atau saat santan sudah mengental.\

Untuk bumbu halus, bisa juga menggunakan bumbu halus siap pakai. hanya hati-hati karena sering kali toko bumbu menggunakan banyak garam, sehingga rendang asin.

Memasak Rendang

Jika ingin rendang dengan kacang merah, masukkan kacang saat awal memasak. Aduk sampai kuah mengering, kalau menggunakan kentang bulat kecil, dimasukkan saat kuah rendang kental. Sehingga kentang tidak hancur.

Rendang ayam, sebaiknya menggunakan ayam kampung, supaya daging ayam tidak hancur dan rasanya juga lebih lezat. 

Penyimpanan

Setelah rendang matang, diamkan hingga dingin lalu bagi menjadi beberapa bagian. Pisahkan rendang yang akan langsung dihidangkan dengan yang akan disimpan. Rendang yang akan disimpan, masukkan dalam wadah tertutup lalu masukkan dalam freezer.

Memanaskan Rendang

Setelah dua hari, rendang di meja hidang, sebaiknya dipanaskan. Caranya, tumis bawang merah iris sampai harum lalu masukkan rendang sambil diaduk hingga rendang panas.

Untuk rendang yang beku, diamkan di suhu ruang hingga meleleh. Lalu panaskan dengan tumisan bawang merah.

Erwin Kuditawati/KlubNova

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.