Cara Memasak Wortel yang Benar, Ternyata Bukan Direbus!

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Minggu, 3 Agustus 2014
Foto :

TabloidNova.com - Sebelum memulai memasak sayuran yang termasuk dalam kategori akar-akaran ini, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri wortel yang segar. Caranya, carilah wortel berwarna oranye segar dengan bentuk seperti ujung tombak yang lurus kencang. Jangan pilih wortel dengan beberapa bagian berwarna  abu-abu, putih, atau berkulit kering.  Jika perlu, pilih wortel yang masih lengkap beserta daunnya.

Sebelum memasak, cuci bersih wortel, kupas kulitnya, dan buang bagian daunnya (jika ada). Setelah itu, Anda perlu mengetahui cara memasak wortel yang benar. Di luar dugaan, ternyata direbus bukan cara terbaik untuk memasak wortel, lho!

Microwave
Potong-potong wortel dengan tebal sekitar 0,3 cm. Taruh semua di loyang pai atau pinggan tahan panas. Tambahkan ¼ cangkir kaldu daging atau ayam. Tutup loyang dengan aluminium foil dan masukkan ke dalam microwave. Masak selama sekitar 3 menit.

Panggang
Panaskan oven hingga suhu 260 °C. Belah dua wortel memanjang lalu potong-potong dengan lebar sekitar 2 inch atau 5 cm. Sebarkan di atas loyang yang telah diberi alas aluminium foil. Tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun. Panggang sebentar hingga agak kecoklatan, lalu balik dan panggang  kembali sekitar 15 menit.

Tumis
Potong-potong wortel setebal 0,3 cm. Lelehkan 1 sendok makan mentega di atas api sedang. Masukkan wortel, dan masak hingga matang sekitar 14 menit. Tambahkan sesendok teh gula pada pertengahan memasak. Tumis hingga gula mengglasir wortel.

Kukus
Potong-potong wortel setebal 0,3 cm. Letakkan dalam keranjang kukusan atau pinggan tahan panas, lalu tutup dengan aluminium foil. Tambahkan air ke dalam kukusan hingga setinggi 2,5 cm. Panaskan kukusan, dan masak dengan api panas selama kurang lebih 4 menitan.

Laili Damayanti/ Eating Well

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.