Kapan Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat Bagi Orang Indonesia?

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Jumat, 13 Maret 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Skyscanner, sebuah situs dan aplikasi pencarian perjalanan, merilis temuan terbaru tentang waktu terbaik membeli tiket pesawat bagi orang Indonesia agar mendapat tiket dengan harga murah.

Dalam temuan ini terlihat bahwa masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan peluang mendapatkan tarif tiket termurah biasanya melakukan cara cerdas, yakni pemesanan tiket pesawat rata-rata 16 minggu sebelum keberangkatan.

Hasilnya, berdasarkan analisis data selama tiga tahun terakhir dan lebih dari 250 juta harga-harga tiket yang dibeli masyarakat Indonesia, ditemukan bahwa waktu terbaik membeli tiket pesawat sangat bervariasi dari destinasi satu ke destinasi yang lain.

Misalnya untuk destinasi Singapura, tiket dipesan 16 minggu sebelumnya. Sedangkan bagi mereka yang merencanakan mengunjungi destinasi yang lebih jauh seperti ke Amerika Serikat, mempertimbangkan diri untuk melakukan pemesanan tiket 19 minggu sebelumnya, demi mendapatkan tarif tiket terbaik.

Daftar temuan waktu terbaik membeli tiket pesawat untuk orang Indonesia yang dirilis Skyscanner adalah sebagai berikut:

Dari Jakarta ke:     Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat

Singapura        16 minggu sebelum keberangkatan

Malaysia          18 minggu sebelum keberangkatan

Thailand        16 minggu sebelum keberangkatan

Australia        15 minggu sebelum keberangkatan

Amerika Serikat     19 minggu sebelum keberangkatan

Dan agar para wisatawan asal Indonesia ini dapat membuat keputusan pemesanan tiket pesawat sesederhana mungkin, Skyscanner telah menciptakan alat interaktif yang memungkinkan wisatawan melihat kapan waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat dari Indonesia ke berbagai destinasi paling populer, termasuk harga-harga termurah yang bisa didapat.

Juru bicara Skyscanner, Head of Country Marketing Skyscanner, Jeremy Bek, mengatakan, "Kami tahu, waktu terbaik membeli tiket pesawat sangat bervariasi, tergantung dari maskapai penerbangan, tujuan, bahkan waktu bepergiannya. Sehingga tak mengherankan jika wisatawan menganggap hal ini membingungkan."

Oleh karena itu, lanjut Jeremy, "Kami perlu berbagi wawasan terbaru kepada konsumen untuk memberikan mereka kepercayaan diri dalam membeli tiket pesawat, sekaligus mendapatkan harga terbaik untuk perjalanan mereka berikutnya."

Namun Jeremy juga menyarankan agar konsumen berhati-hati ketika memesan tiket pesawat yang berdekatan dengan waktu keberangkatan.

"Meskipun untuk beberapa destinasi harga terbaik mungkin tersedia pada 16 minggu sebelum keberangkatan, harga mungkin bisa berubah sewaktu-waktu. Maka konsumen perlu memahami, memesan tiket yang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan juga bisa berisiko."

Untuk itu, Skyscanner menawarkan layanan informasi harga dalam perangkat mobile dan desktop (aplikasi Skyscanner) bagi wisatawan, yang memungkinkan pengguna mendaftarkan diri untuk menerima email pemberitahuan ketika harga mengalami penurunan, serta membantu menemukan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat dan mendapatkan harga yang optimal.

Intan Y. Septiani

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.