Tak Usah Takut Naik Pesawat Terbang!

Editor: tabloidnova.com / tabloidnova.com
Rabu, 6 Agustus 2014
Foto :

fear of flying 6 agustus MIRROR

"Ikuti langkah-langkah ini untuk mengusir phobia terbang Anda (foto: MIRROR) "

TabloidNova.com - Belakangan ini berita kurang mengenakkan menimpa beberapa maskapai penerbangan. Tapi sebenarnya persoalan kecelakaan pesawat terbang bukan jadi hal yang baru lagi, walapun setiap maskapai selalu berusaha untuk memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik mereka untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Tapi jangan biarkan segelintir peristiwa kecelakaan pesawat terbang itu menggoyahkan keinginan Anda untuk bepergian melihat dunia.

Memang, terkadang naik ke dalam pesawat yang akan membawa kita terbang di ketinggian ribuan kaki tidak segampang yang dipikirkan. Hingga kini, masih banyak orang yang merasakan ketakutan saat akan terbang dengan pesawat.

Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa di dunia ini tedapat sekitar 20 juta orang yang takut terbang dengan pesawat. Jika Anda satu dari 20 juta orang itu, jangan khawatir, karena mungkin beberapa tips ini bisa sedikit meredakan ketakutan untuk terbang dengan pesawat.

Hindari melihat dan mendengar program berita

Semakin banyak Anda melihat berita soal kecelakaan pesawat, semakin besar pula efek berita itu meresap ke diri Anda. Dan satu lagi, jangan menghabiskan waktu menonton film tentang bencana pesawat terbang, meskipun yang bermain di film itu adalah aktor setampan Bruce Willis. Lupakan saja.

Ingatlah fakta-fakta menyenangkan

Terdengar klise, tapi carilah fakta-fakta positif dan menyenangkan sebelum Anda terbang. Banyak studi yang bisa Anda temukan di dunia maya. Contohnya, salah satu hasil studi yang menyebutkan bahwa faktanya kemungkinan seseorang menjadi korban kecelakaan pesawat itu sangatlah rendah, hanya 1 dari 11 juta hingga 1 dari 29,4 juta orang. Secara angka, masih lebih aman terbang di udara daripada mengemudi di jalan raya. Sedikit melegakan, bukan?

Berpikir positif

Ingatlah, bahwa apa yang Anda ucapkan dan pikirkan, itu akan merayap ke pikiran Anda. Sebelum terbang, jangan berkata, "Aku sangat takut dan sepertinya aku akan terserang stroke". Cobalah mengubah kalimat dengan, "Aku sedikit tidak nyaman saja".

Pelajari teknik relaksasi sederhana

Ini akan membantu Anda menjernihkan akal dan pikiran selama perjalanan di udara. Aturlah nafas dengan baik dan hal itu akan mengaktifkan sistem syaraf Anda dan memberikan sinyal positif ke seluruh bagian tubuh.

Alihkan perhatian

Para ahli setuju bahwa penting untuk mengalihkan perhatian Anda yang takut terbang selama berada di dalam pesawat. Bentuknya bisa apa saja. Bisa buku, majalah, tablet, laptop, video games, apa saja. Niscaya Anda akan lebih terbantu untuk mengatur emosi.

Pertolongan ahli

Jika memang ketakutan Anda untuk terbang sudah dalam tahap memprihatinkan, jangan pernah malu untuk mencari bantuan dari tenaga ahli. Sekarang ini sudah ada cabang psikologi khusus yang bisa mengatasi ketakutan Anda akan banyak hal, termasuk ketakutan terbang dengan pesawat.

Manfaatkan teknologi

Banyak aplikasi di telepon genggam pintar yang bisa Anda gunakan untuk menenangkan pikiran selama perjalanan di pesawat. Ada juga yang menampilkan latihan-latihan sederhana untuk membuat Anda nyaman, Bahkan ada pula yang bisa mengidentifikasi gejala turbulensi yang biasanya sangat ditakuti penumpang.

Usahakan memilih masakapai yang selalu tepat waktu

Jadwal penerbangan sangat berpengaruh bagi mereka yang takut untuk terbang. Semakin tepat waktu terbang, maka ketakutan akan semakin berkurang. Sebaliknya, jika penerbangan ditunda, maka kemungkinan seseorang akan panik sangat tinggi.

Yetta Angelina / Sumber: Yahoo! Travel

Penulis : tabloidnova.com

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.